Ingin Lagunya Lebih Puitis, Yura Yunita Banyak Baca Buku

Gervin Nathaniel Purba    •    07 Juni 2017 07:00 WIB
bukuuntukindonesia
Ingin Lagunya Lebih Puitis, Yura Yunita Banyak Baca Buku
Yura Yunita (Foto:MI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Susunan kalimat yang tepat, disertai kekayaan kosa kata dan alunan musik, membuat suatu lagu enak didengar. Para pendengar pun dapat merasakan makna yang akan disampaikan oleh sang penyanyi.

Kira-kira itulah upaya yang sedang dilakukan oleh penyanyi Yunita Rachman atau dikenal sebagai Yura Yunita. Ia ingin agar lagu-lagunya pada album kedua mengandung kata-kata yang lebih puitis. Yura ingin ada suatu pembeda antara dirinya dengan penyanyi lain.

"Ingin banget punya kosa kata yang jarang dipakai, misalnya Intuisi di laguku yang terakhir. Jarang di kehidupan kita pakai kata 'intuisi' yang sangat mendalami bahasa Indonesia dengan memperkaya kosa kata," ujar Yura.

Untuk memperkaya kosa kata, Yura banyak membaca buku. Selain menambah wawasan, membaca buku membantunya mencari inspirasi menulis lagu.

Soal buku yang digemari, Yura senang membaca novel, buku sajak, dan tentang psikologi. Ia selalu menggunakan waktu kosongnya untuk membaca buku.

"Kesempatan membaca buku itu kalau sedang menunggu syuting, biasanya yang agak lama, berjam-jam. Kalau hari biasa lagi kosong waktunya, aku baca buku psikologi," bebernya.

Penyanyi kelahiran tahun 1991 itu menekankan pentingnya membaca buku karena memiliki banyak manfaat. Namun, ia juga menyadari bahwa banyak anak-anak yang tidak memiliki kesempatan memeroleh buku bacaan, khususnya anak-anak di daerah pelosok.

Mendengar adanya gerakan #BukuUntukIndonesia, Yura antusias. Menurutnya, ini merupakan sebuah penantian bagi anak-anak di daerah pelosok untuk memperoleh buku berkualitas. Ia berharap gerakan tersebut berjalan sukses sehingga menjawab kebutuhan anak-anak akan buku.

"Gerakan ini sangat mulia. Apalagi anak-anak di pelosok sana membutuhkan bacaan yang akan menjadi bekal mereka menata masa depan cemerlang," kata Yura.

Gerakan #BukuUntukIndonesia memiliki semangat membagikan buku gratis ke seluruh daerah pelosok di Indonesia. Gerakan ini butuh partisipasi Anda dalam mengumpulkan buku untuk didistribusikan kepada anak-anak di berbagai daerah di Indonesia.

Anda dapat berkontribusi dalam gerakan #BukuUntukIndonesia dengan cara mengunjungi tautan www.BukuUntukIndonesia.com. Klik tombol "berbagi." Kemudian, Anda akan diarahkan ke laman Blibli.com untuk memilih paket berbagi yang diinginkan.

Dengan berbagi minimal Rp100 ribu Anda sudah berpartisipasi untuk mewujudkan generasi penerus bangsa yang lebih baik. Nantinya, dana yang terkumpul melalui gerakan #BukuUntukIndonesia akan dikonversi menjadi buku dan disalurkan ke berbagai daerah di Indonesia.


(ROS)

Guruh Soekarnoputra Sebut Orde Baru sebagai Biang Kerok Krisis Kebudayaan Indonesia

Guruh Soekarnoputra Sebut Orde Baru sebagai Biang Kerok Krisis Kebudayaan Indonesia

5 days Ago

Guruh juga mengingatkan jika generasi muda tidak lagi peduli akan bahasa Indonesia yang baik da…

BERITA LAINNYA