Vokalis Bangkutaman Luncurkan Buku #GILAVINYL

Agustinus Shindu Alpito    •    13 April 2017 08:52 WIB
musik
Vokalis Bangkutaman Luncurkan Buku #GILAVINYL
(Foto: Agustinus Shindu Alpito)

Metrotvnews.com, Jakarta: Wahyu Acum, vokalis grup musik Bangkutaman, merilis buku #GILAVINYL. Sesuai judulnya, buku ini mengulas tentang hobi mengoleksi vinyl atau piringan hitam.

Dalam diskusi yang digelar di toko buku Aksara, Kemang, Jakarta Selatan, pada Rabu (12/4/2017), Acum menceritakan bahwa gagasan menulis buku itu sudah lahir sejak tiga tahun lalu. Awalnya, dia melakukan penjajakan dengan penerbit Bhuana Ilmu Populer (BIP) untuk membuat buku Bangkutaman. Namun akhirnya rencana itu berubah.

Dalam diskusi itu, hadir pula Arian “Seringai” sebagai editor buku #GILAVINYL sekaligus kolektor piringan hitam, selain itu turut hadir sebagai narasumber Vincent Rompies, yang juga menggeluti hobi mengumpulkan piringan hitam.

“Dua tahun lalu Acum datang ke gue, latar belakang gue editor majalah. Setelah Trax gue jadi editor Playboy. Gue gatel soal (faedah penuisan), gue bilang, ‘Gue edit saja.’ Gue memang senang edit tulisan, gue membantu saja, terakhir kali gue mengedit sudah dalam bentuk buku, terus gue coret-coret (koreksi),” kata Arian.

Buku ini merangkum bagaimana Acum menjalani hobi mengumpulkan piringan hitam, termasuk petualangan seru dalam mendapatkan “harta karun” yang terkadang tidak terduga.

Selain itu, terdapat pula wawancara dengan para penggila piringan hitam lain yang disuguhkan dalam buku ini.

Sebelum buku ini lahir, Acum menuliskan pengalaman-pengalamannya dalam berburu piringan hitam dalam situs www.gilavinyl.com. Tanda pagar #GILAVINYL pun gencar disematkan Acum di media sosial.

“Bagi gue vinyl lebih kepada jalan untuk bertemu teman, nongkrong, dulu sering nongkrong di Jalan Surabaya niat awalnya bukan untuk digging (berburu vinyl), tetapi kadang pas nongkrong ada yang bongkaran (menjual vinyl bekas koleksi pribadi ke pedagang), dan dari situ jadi beli,” kata Acum.

Buku #GILAVINYL bisa dibilang menjadi buku pertama di Indonesia yang khusus membahas tentang hobi mengkoleksi piringan hitam.



(DEV)

Menjaga Nyawa Clubeighties

Menjaga Nyawa Clubeighties

6 days Ago

Menjaga nyawa grup musik selama sembilan belas tahun bukan perkara mudah. Terlebih, dengan diti…

BERITA LAINNYA