U2 Digugat dengan Tuduhan Plagiarisme

Nia Deviyana    •    01 Maret 2017 19:58 WIB
u2 band
U2 Digugat dengan Tuduhan Plagiarisme
(Foto: Reuters)

Metrotvnews.com, Jakarta: Band asal Irlandia, U2, digugat penyanyi dan gitaris asal Inggris bernama Paul Rose dengan tuduhan plagiarisme. Rose menuduh lagu The Fly milik U2 "mencuri" beberapa elemen dari karyanya.

Dalam gugatan yang didaftarkan di Pengadilan Negeri AS di Manhattan, Rose menuntut ganti rugi sedikitnya USD5 juta kepada U2 dan Island Records, label rekaman yang menaungi band yang digawangi Bono, The Edge, Adam Clayton, dan Larry Mullen Jr itu.

Rose, yang mengaku memiliki selusin album menuduh U2 menggunakan elemen yang menjadi ciri khas di lagu miliknya yang berjudul Nae Slappin. Rose memberikan demo Nae Slappin kepada Island Records pada 1989, tahun yang sama ketika label tersebut bekerjasama dengan U2.

Terkait tuduhan Rose, pihak U2 belum memberikan tanggapan. Sementara, Rose juga enggan berkomentar ketika ditanya mengapa baru sekarang ia mengajukan tuntutan, 25 tahun setelah lagu tersebut dirilis.

The Fly merupakan singel pertama dari album studio ketujuh U2 yang bertajuk Achtung Baby, dirilis pada tahun 1991. Lagu tersebut mendapat pujian dari para kritikus.

Ini bukan pertama kalinya musisi ternama dituduh melakukan plagiat. Lagu Stairway to Heaven milik Led Zeppelin juga pernah dituding meniru bagian lagu Taurus milik grup musik Spirit.

Namun setelah proses panjang, pengadilan Los Angeles memutuskan Led Zeppelin tak melakukan plagiarisme. (Reuters)
 


(DEV)

Tashoora, Invasi Berbahaya Sekstet dari Yogyakarta

Tashoora, Invasi Berbahaya Sekstet dari Yogyakarta

3 days Ago

Dalam musik yang energik sekaligus kontemplatif yang diramu Tashoora, terlantun lirik-lirik pui…

BERITA LAINNYA