November Rain, Hujan Air Mata dari GNR

Adi Waluyo    •    04 November 2016 10:40 WIB
gnr
November Rain, Hujan Air Mata dari GNR
Foto:IST

Metrotvnews.com:  "Pernahkah Anda terbangun di suatu pagi dan mendengar derasnya hujan di luar rumah? Anda merasa enggan beranjak dari peraduan, ingin menikmati suasana yang syahdu itu," kata Axl Rose kepada puluhan ribu fans Guns N' Roses di sebuah konser.  

Setelah selesai dengan rapport-nya (komunikasi dengan penonton), Axl pun pergi ke bagian atas panggung menghampiri sebuah grand piano hitam. Jemari Axl yang fasih memainkan melodi yang indah membuatnya seperti Elton John muda.

Lamat-lamat terdengar iringan orkestra yang menjadi intro lagu "November Rain". Hampir lima belas menit lamanya, Axl mengharu-biru penonton malam itu dengan lagu yang amat istimewa baginya itu. Menurut Axl, lagu ini bercerita tentang cinta yang tak terbalas."And it's hard to hold a candle, In the cold november rain," bisa diartikan sulitnya menggenggam cinta bila yang dicintai tak membalasnya. 



Axl Rose telah 'mengulik' "November Rain" sepuluh tahun sebelum lagu tersebut akhirnya masuk di album  "Use Your Illusion I". Teman se-band Axl di LA Guns, Tracii Guns, mengatakan bahwa Axl telah memainkan "November Rain" sejak 1983. 

"Setiap ada piano, Axl selalu memainkannya. Dia hanya tidak tahu bagaimana menyelesaikannya. Aku meyakinkannya bahwa lagu itu bagus, tapi dia bersikeras bahwa lagu itu belum selesai. Dia yakin lagu itu akan menjadi lagu yang hebat," ujar Tracii.

Axl mengatakan, ia selalu ingin membuat lagu yang 'kesakralannya' sejajar dengan "Stairway to Heaven" atau "Bohemian Rhapsody." Bukan rahasia bahwa Axl adalah penggemar Queen dan Led Zeppelin. "November Rain" adalah obsesi Axl untuk membuat orang khidmat ketika musik itu dimainkan, persis bila Queen memainkan "Bohemian Rhapsody" dan Led Zeppelin beraksi dengan "Stairway to Heaven".

Dia menggambarkan mereka sebagai pengaruh musik paling penting dalam karir musiknya. Secara musikal, "November Rain" memiliki kemiripan dengan kedua lagu tersebut, dilihat dari perubahan tempo dan akor yang semakin tinggi di akhir lagu.



Slash, eks gitaris GNR, dalam biografinya menulis bahwa, versi 18 menit "November Rain" telah direkam tahun 1986 sebelum GNR merekam "Appetite For Destruction." Saking 'personal'-nya lagi bagi Axl, Slash hampir tak pernah memainkan lagu itu dalam konsernya sejak ia keluar dari GNR tahun 1996. Hanya sekali, saat ia bergabung dengan Jamie Foxx di acara Grammy Award 2010, Slash membawakan solo gitar "November Rain." "Ini adalah lagu 'tema' bubarnya band kami (GNR)," ujar Slash.

Axl menyatakan bahwa Slash dan Duff McKagan (bassist GNR) kurang setuju jika GNR yang terkenal dengan musik blues yang garang memainkan simfoni balada seperti "November Rain". Slash pun membantah tuduhan ini. Lantunan solo gitarnya yang seolah menangis di lagu tersebut banyak dinilai sebagai highlight dari "November Rain."



Mike Portnoy, mantan drummer Dream Theater, pernah bertanya pada Matt Sorum, drummer GNR, mengapa dia mengisi fill drum yang sama di lagu "November Rain. "Matt pun menjawab jika Axl yang meminta dirinya memainkan fill drum yang sama dengan yang dimainkan Nigel Olson untuk Elton John di lagu "Don't Let The Sun Go Down on Me". 

Menurut Matt Sorum, Axl mempunyai sebuah visi bahwa "November Rain", "Don't Cry" dan "Estranged" dianggap sebagai sebuah lagu, seperti trilogi. Matt pun memainkan fill drum yang sama di ketiga lagu tersebut. "Itu adalah tugasku untuk membuat ketiga lagu itu seperti 'satu suara'," kata Matt.

"Akulah yang mengaransemen lagu-lagu itu dan membagi dinamika suaranya. Ketika aku bergabung, GNR adalah band rock, yang hanya tahu bermain keras. Aku tumbuh dengan pendidikan orkestra dan musik klasik - aku pernah main di wind ensemble. Bagi mereka, aku terdengar gila ketika berkata: 'Kita perlu pianissimo di sini dan mezzo forte di sini.'. Dan mereka menjawab, "Apa?!?," ujar Matt.



"Pianissimo berarti 'tenang.' Dan di sini kami melakukan mezzo forte. Itu berarti 'keras sedang'. Sekarang, kita akan melakukan double forte (fortissimo) di sini, yang berarti, Oke, kembali ke volume yang 'biasa' (keras). Aku menjelaskan semua ini untuk mereka (personel GNR), dan aku berkata, 'Lagu ini seperti perjalanan, kalian akan mengajak orang melakukan perjalanan di lagu ini.' Jadi itulah yang kami lakukan pada 'November Rain'," kata Matt mengenang sesi rekaman di studio.

Bill Price, sound engineer album Use Your Illusion, bercerita ketika Axl sedang mengisi vokal untuk "November Rain". "Ia bersikeras ditinggalkan sendiri di studio sampai take vocal selesai. Ia cuma minta sebuah ember untuk buang air. Delapan hari kemudian, kami menemukan Axl tertidur dengan studio penuh tisu kotor dan kotak pizza kosong," tutur Bill.



Slash mengatakan jika seluruh orkestrasi pengiring di lagu "November Rain" dimainkan oleh Axl seorang diri dengan synthesizer. "Semua itu synthesizer. Tak ada pemain orkestra di studio, hanya Axl yang memainkan synthesizer. Ia hanya perlu ditinggal sendirian," kata Slash dalam biografinya.



Video klip lagu "November Rain" diambil dari cerita pendek berjudul "Without You" karya Del James yang juga sahabat Axl. Andy Morahan, yang pernah membuat video untuk Michael Jackson, Van Halen, dan Bryan Adam, dipilih sebagai sutradara video klip dengan anggaran USD1,5 juta ini. Andy juga yang menggarap video dua lagu lain dalam trilogi itu, "Don't Cry" dan "Estranged".

Dalam video diceritakan, Axl akhirnya menikahi Stephanie Seymour (pacar Axl waktu itu). Teman-teman GNR-nya juga turut hadir di acara pernikahan klasik tersebut. Namun, hujan badai yang datang tiba-tiba membuat pesta pernikahan itu porak poranda. Axl dan Stephanie menjalani hidup bersama layaknya sepasang kekasih, kadang mesra dan kadang bertengkar. Diakhir cerita, Stephanie pun meninggal bunuh diri. Axl yang terluka, duduk tersimpuh disamping peti mati menangisi kepergian kekasihnya.



"November Rain" adalah lagu rock balada epik yang dirilis oleh Guns N' Roses (GNR) pada Juni 1992. Lagu dengan durasi 8 menit dan 57 detik ini menjadi lagu terpanjang yang mencapai Top 10 di Billboard Hot 100. "November Rain" meraih nomor 3 di tangga lagu AS dan nomor 4 di tangga lagu Inggris. Inilah lagu terakhir Guns N 'Roses yang masuk Top 40 hit di Amerika Serikat. Sejak dirilis Juni 1992, "Use Your Illusion I & II" telah terjual lebih dari 35 juta kopi di seluruh dunia.

Baca: Haight - Ashbury, Saksi Bisu Mekarnya Flower Generation

Baca: Cerita di Balik Lagu Bohemian Rhapsody 

Baca: Kisah di Balik Lagu Battery Metallica

Baca: Wawancara Marco Sfogli

Baca: Cerita di Balik Hotel California The Eagles
 




(FIT)

Senandung Senja Yon Koeswoyo

Senandung Senja Yon Koeswoyo

1 month Ago

Tubuh pria tua itu hanya bersandar di sebuah sofa berwarna cokelat. Seorang kawan di dekatnya m…

BERITA LAINNYA