Iga Massardi: Tame Impala Kemas Musik Usang Terdengar Trendi

Agustinus Shindu Alpito    •    28 Maret 2016 16:39 WIB
tame impalabarasuara band
Iga Massardi: Tame Impala Kemas Musik Usang Terdengar Trendi
Iga Massardi (Foto:Metrotvnews.com/Putu Radar B)

Metrotvnews.com, Jakarta: Beberapa hari lalu, promotor Kios Play mengumumkan bahwa Barasuara didaulat menjadi band pembuka konser Tame Impala di Jakarta, pada 29 April 2016.

Menjadi band pembuka grup musik kelas dunia tentu bukan hal mudah. Pengalaman ini dimaknai pendiri Barasuara, Iga Massardi, sebagai sesuatu yang sangat spesial.

Terlebih, Tame Impala adalah salah satu band favorit Iga.

"Secara pribadi ini cukup spesial karena gue pribadi adalah fan berat Tame Impala dari dulu. Gue nonton mereka konser di Jakarta dulu. Tame Impala membawa arus baru di dunia musik. Sekarang, sebagian musisi ada yang kembali ke referensi 60-an, 70-an, 80-an, dan Tame Impala membawa resep retro tersebut ke ranah yang bisa relevan ke era sekarang," kata Iga saat dihubungi Metrotvnews.com, di Jakarta, Senin (28/3/2016).

Pada 2011, Tame Impala sempat menyambangi Indonesia untuk konser. Beruntung bagi Iga, pada saat itu dia bisa bertemu langsung dengan para personel Tame Impala.

"Waktu 2011, gue sempat bertemu mereka tampil di sini. Gue sama istri ketemu mereka di backstage, karena kami berdua sudah nge-fan, jadi heboh sendiri. Gue ketemu Kevin Parker di toilet, benar-benar enggak bisa ngomong. Gue sempat foto bersama line-up Tame Impala yang dulu. Ternyata lima tahun kemudian, bisa sepanggung. Itu gila banget," ujar Iga, antusias.

Pada kesempatan kali ini, Iga menyiapkan kenang-kenangan untuk para personel Tame Impala, yaitu album debut Barasuara, Taifun.

Secara musikalitas, Iga tidak menyangkal grup musik asal Australia itu mampu menyuguhkan sesuatu yang menyegarkan.

"Dari sound dan lirik, mereka berhasil membawa sesuatu yang usang menjadi sesuatu yang fresh dan trendi dalam tanda kutip," jelas Iga.

"Sangat menginspirasi, saat penulisan lagu-lagu di album Taifun pun gue sedang mendengarkan band ini. Gue mengikuti dari EP mereka sampai album-album yang sekarang," kata Iga, menambahkan.

Tame Impala dibentuk musisi Kevin Parker pada 2007. Setelah merilis dua album mini pada 2008, Tame Impala merilis album studio perdana, Innerspeaker, pada 2010. Menyusul dua album studio tahun 2012 (Lonerism) dan 2015 (Currents).

Pada ajang Grammy Awards 2016, album Currents mampu menembus nominasi Best Alternative Album. Sayangnya, Currents dikalahkan oleh album Sound & Color milik Alabama Shakes.


(ROS)

Renjana Base Jam Bernostalgia

Renjana Base Jam Bernostalgia

4 days Ago

"Sesuai lagu kita yaitu, Jatuh Cinta dan Rindu. Bagaimana mengenang awal orang 'jatuh …

BERITA LAINNYA