Kunto Aji Sebut Musisi Sebagai Salah Satu Profesi yang Rentan Stres

Agustinus Shindu Alpito    •    24 November 2017 13:16 WIB
kunto aji
Kunto Aji Sebut Musisi Sebagai Salah Satu Profesi yang Rentan Stres
Kunto Aji (Foto: Metrotvnews/Shindu)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kunto Aji mengangkat tema kesehatan mental pada album kedua yang akan dirilis tahun depan. Kunto menangkap isu ini secara personal, karena terkait dengan pekerjaannya sehari-hari sebagai penyanyi profesional yang membuatnya harus bergelut dengan ragam emosi yang rentan membuat dirinya stres.

“Seperti apa yang dialami oleh Mas Is (Payung Teduh), itu juga yang gue rasakan. bagaimana jika manggung terus sampai akhirnya band yang tadinya seru, terus ketemu sesama personel sudah capek, tidak produktif karena capek. Di sisi lain sudah nyaman (dengan rutinitas panggung yang menghasilkan).”

“Kita (musisi) harus bekerjasama dengan manajemen untuk mengatur itu karena musisi dan seniman harus menajamkan sisi sensitivitas untuk menangkap sesuatu, bisa jadi boomerang jika stres. Di luar sudah memperhatikan kesehatan mental artisnya, dengan seperti itu artis bisa menghasilkan karya baik,” kata Kunto saat ditemui di kantor Juni Records yang terletak di kawasan Bangka, Jakarta Selatan, pada Kamis (23/11/2017).

Kunto lantas membeberkan alasannya bergabung dengan Juni Records, label yang menaungi Raisa dan Barasuara itu salah satunya karena memiliki visi yang sama soal bagaimana manajemen mengatur jadwal artis dengan baik dan memikirkan kesehatan mental sang artis.

"Tetapi di Indonesia tidak bisa dipungkiri, di Indonesia musisi tampil seperti (sistem) ketengan. Kalau di luar negeri jelas, lo setahun manggung bulan segini sampai bulan segini, terus libur."

Salah satu materi dari album kedua Kunto Aji telah dirilis, yaitu Konon Katanya. Lagu itu dapat disimak melalui berbagai layanan streaming musik digital.


(ELG)