K-Pop Berjaya di Twitter dengan 5,3 Miliar Kicauan Sepanjang 2018

Purba Wirastama    •    23 Februari 2019 07:00 WIB
k-pop
K-Pop Berjaya di Twitter dengan 5,3 Miliar Kicauan Sepanjang 2018
Ilustrasi (Foto: Shutterstock/Ella Sarkisyan)

Jakarta: Twitter baru saja merilis laporan akhir tentang topik yang paling banyak dibicarakan di media sosial mereka sepanjang 2018. Tidak terlalu mengejutkan, tetapi sudah bisa dipastikan bahwa K-pop berada di posisi teratas sebagai topik dengan jumlah kicauan terbanyak.

Menurut laporan yang dirilis pada Kamis, 21 Februari 2019, topik K-Pop memecahkan rekor baru karena selama setahun, ada lebih dari 5,3 miliar kicauan di lingkup global terkait topik ini. 

Sebelumnya, dalam laporan awal Desember 2018, Twitter menyebut bahwa akun Twitter BTS, @BTS_twt, adalah pengguna yang paling sering disebut (mention) dalam kicauan sepanjang tahun. 

Salah satu kicauan @BTS_twt juga menjadi kicauan paling disukai (likes) tahun lalu. Kicauan ini membagikan video Hope, personel BTS, yang memenuhi tantangan berjoget #InMyFeelingsChallenge dengan tagar #HopeOnTheStreet.

Bisa dibilang, 2018 merupakan tahunnya K-Pop di Twitter. 20 negara dengan kicauan terbanyak tentang K-pop meliputi AS, Kanada, Argentina, Brazil, Cile, Meksiko, Peru, Prancis, Turki, Inggris, India, Indonesia, Jepang, Malaysia, Filipina, Singapura, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. 

Sementara itu di YouTube, ada dua video musik rilisan 2018 yang melesat ke jajaran 10 besar video K-pop terlaris sepanjang masa, yaitu Ddu-Du Ddu-Du (Blackpink) dan Fake Love (BTS). Bersama lima video lain rilisan 2016-2017, dua video tersebut mengekor tiga video terlaris dari PSY sejak 2012.




(ASA)