Barasuara Segera Merilis Album Mini dalam Format Vinyl

Agustinus Shindu Alpito    •    06 Juni 2017 10:50 WIB
barasuara band
Barasuara Segera Merilis Album Mini dalam Format Vinyl
(Foto: MI/Permana)

Metrotvnews.com, Jakarta: Grup rock Barasuara segera merilis album mini pada tahun ini. Hal itu diungapkan para personel Barasuara kepada awak media dalam acara Buka Bersama Juni Records, pada Senin (5/6/2017), di Kawasan Niaga Terpadu Sudirman.

"Album (penuh) paling cepat tahun depan, tetapi tahun ini kami mau mengeluarkan singel bentuknya album, namanya Samara," kata vokalis sekaligus gitaris Barasuara, Iga Massardi.

Samara pertama kali diperdengarkan Barasuara ketika mereka menggelar Taifun Tour 2016. Lagu itu tidak berasal dari album debut mereka, Taifun. Meski belum dirilis secara resmi, Samara  telah populer di kalangan penggemar Barasuara.

"Samara  menceritakan tentang bagaimana kita memilih untuk keluar dari sebuah keadaan, itu intinya," jelas Iga.

Dalam beberapa karya musiknya, Barasuara memiliki perhatian terhadap isu-isu keberagaman. Dalam album debut, hal itu dapat kita dengar pada lagu Hagia. Kini, Barasuara juga memiliki lagu baru dengan tema serupa, yaitu Masa Mesias Mesias.

"Waktu bikin Taifun, gue menulis lagu Hagia  dan itu menceritakan tentang kondisi sosial saat itu tentang bentrokan sesama manusia berdasarkan suku, ras, golongan, dan kepercayaan. Dan ternyata sampai hari ini hal itu enggak membaik. Malah memburuk."

"Masa Mesias Mesias  itu sebuah sindiran yang lebih keras. Kalau Hagia  sifatnya harapan, Masa Mesias Mesias ini sindiran yang lebih keras terhadap apa yang terjadi saat ini. Ketika semua orang mau jadi juru selamat, berlomba-lomba. Padahal yang harus diselamatkan, diri mereka sendiri," jelas Iga.

Dalam lagu Masa Mesias Mesias, Gerald Situmorang (bassist) justru memainkan instrumen gitar. Sedangkan Iga Massardi bertukar peran dengan Gerald, memainkan bass.

Satu lagu baru lainnya, Tentukan Arah, juga berbicara hal yang senada dengan Masa Mesias Mesias.

"Tentukan Arah  sebenarnya kayak tentang masih dalam kondisi yang sama dengan Masa Mesias Mesias. Tentukan Arah, redam amarah seperti lo akan gampang diadu domba kalau lo enggak bisa menentukan apa yang lo pengin dan berdasarkan dari situ lo bakal gampang dicekoki sama paham-paham entah itu membenci orang lain, memisahkan diri, merasa paling benar."

"Sebaiknya lo punya pendirian untuk tentukan apa yang lo pengin dan jangan marah-marah dahulu kalau memang lo punya opini pemikiran. Ketika lo berbenturan dengan orang lain sebaiknya enggak marah-marah dulu, harus bisa melihat sesuatu lebih luas intinya," papar Iga.

Rencananya, rilisan album mini Samara  akan dirilis dalam format vinyl atau piringan hitam.


(DEV)