Anggun, Si Penyanyi Tiga Bahasa

Agustinus Shindu Alpito    •    16 Oktober 2017 11:09 WIB
anggun c sasmi
Anggun, Si Penyanyi Tiga Bahasa
Anggun C Sasmi (Foto:MI/Ramdani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggun Cipta Sasmi menjadi salah satu penyanyi Indonesia paling sukses berkarier di luar Indonesia. Dia diketahui hidup di Prancis dan juga menapaki karier musik di sana.

Tantangan Anggun sebagai penyanyi bukan saja menciptakan karya yang mampu dinikmati secara global. Dia tetap menghargai karakter penggemarnya masing-masing. Untuk itu Anggun masih memiliki singel dengan bahasa Indonesia, Inggris dan Prancis. Tentu bukan hal mudah bagi penyanyi untuk bisa secara fasih menyanyikan lagu dengan tiga bahasa berbeda.

“Apapun tentang bahasa Indonesia adalah sesuatu yang alami untuk saya, begitu juga bahasa Inggris karena saya besar dengan mendengarkan Beatles. Sekarang bahasa Prancis adalah bahasa ketigaku, jadi itu alami saja karena saya bicara Prancis hampir setiap hari.”

“Saya rasa saya tidak bisa memilih mana bahasa yang lebih saya suka. Ada masa di mana ada semacam topik yang mungkin mudah untuk dibicarakan atau untuk dinyanyikan atau ditulis dalam Bahasa Prancis misalnya, lalu ada sesuatu yang mudah yang perlu dibawakan dalam bahasa Inggris atau sesuatu yang sulit ke dalam Bahasa Indonesia. Semuanya tercampur, dan saya tak tahu harus pilih bahasa yang mana,” ujar Anggun dalam wawancara di sela audisi Asia’s Got Talent di Singapura, pada 12 Oktober lalu.

Pada tahun lalu, Anggun bersama grup rock Kotak sempat merilis singel berjudul Teka Teki. Pada tahun yang sama, Anggun juga merilis singel berbahasa Prancis, Face au vent  dari album Toujours Un Ailleurs.

Kali ini, Anggun merilis singel berbahasa Inggris berjudul What We Remember. Singel ini menjadi pembuka menuju album baru Anggun yang akan dirilis pada 8 Desember mendatang.

Saat dimintai saran untu para penyanyi muda Asia yang ingin mengikuti jejaknya sukses di panggung internasional, dengan bijak Anggun menjawab, “Saran saya untuk artis muda Asia, jika kamu ingin berhasil, di dunia luar sana, pertama kamu harus kerjakan sesuatu dengan caramu, jangan takut untuk bekerja keras, dan yang terpenting menurutku adalah individuality yang membuat dirimu adalah kamu. Tak perlu mencoba menjadi Britney-nya Asia, atau Beyonce-nya Asia, atau Nicky Minaj-nya Asia, hanya ada satu mereka di dunia, dan hanya ada satu kamu di dunia. Jadilah diri sendiri yang tebaik!."

 


(DEV)

Cinta 99% Dea Dalila

Cinta 99% Dea Dalila

3 days Ago

Di momen yang tepat dan didukung tekad yang kuat, Dea memberanikan diri. Dia resmi memutuskan k…

BERITA LAINNYA