Tulus: Istilah Musisi Go International Kini Bias

Agustinus Shindu Alpito    •    24 September 2016 07:12 WIB
tulus
Tulus: Istilah Musisi Go International Kini Bias
Tulus (Foto: Metrotvnews.com/Shindu)

Metrotvnews.com, Jakarta: Selain aktif tampil di panggung-panggung dalam negeri, Tulus juga memiliki pengalaman menyanyi di negara lain, beberapa di antaranya yaitu, Jerman, Australia, dan Jepang. Tulus bahkan menerjemahkan lirik lagu Sepatu ke dalam bahasa Jepang.

Kali ini, Tulus akan menjajal pengalaman tampil di Amerika Serikat. Penyanyi yang pada awal Agustus lalu baru saja merilis album ke-tiga, Monokrom, itu akan konser di Social Hall, The Regency, San Francisco, pada 1 Oktober 2016.

Meski memiliki pengalaman di panggung internasional, Tulus memiliki pandangan tersendiri soal istilah "go international" yang kerap ditujukan kepada musisi dalam negeri yang mencoba menembus pasar musik dunia.

“Zaman internet membuat istilah go international bias sekali, karena semua orang bisa melakukan itu. Karya saya bisa didengar orang di seluruh dunia (dengan internet). Yang saya usahakan, bagaimana musik saya diapresiasi, bisa tampil ke luar Indonesia sebagai orang Indonesia," kata Tulus di hadapan media, saat berada di Menara Global, Jakarta Selatan.

Go International Sudah Kedaluawarsa!

Tulus kemudian menceritakan lebih jauh soal keputusannya menerjemahkan lagu Sepatu ke dalam bahasa Jepang.

"Saya rilis Sepatu di Jepang, sebagai bentuk 'assalamualaikum' dengan bahasa mereka. Setiap kali saya tampil di sana (Jepang), saya membawakan lagu Indonesia dan bicara bahasa Indonesia dengan didampingi penerjemah," jelasnya.

Dengan bertambahnya pengalaman tampil di luar negeri, Tulus berharap bahwa hal itu menjadi salah satu caranya untuk bisa memperkenalkan warga negara lain kepada Indonesia.

"Siapa tahu lewat musik ini, saya bisa membawa nama Indonesia. Saya bersyukur dan cinta negara saya," tutup Tulus.




(ELG)

Senandung Senja Yon Koeswoyo

Senandung Senja Yon Koeswoyo

1 month Ago

Tubuh pria tua itu hanya bersandar di sebuah sofa berwarna cokelat. Seorang kawan di dekatnya m…

BERITA LAINNYA