Cerita 11 Lagu di Album Perdana Rendy Pandugo

Agustinus Shindu Alpito    •    01 September 2017 07:18 WIB
rendy pandugo
Cerita 11 Lagu di Album Perdana Rendy Pandugo
Rendy Pandugo (Foto: MI/Permana)

Metrotvnews.com, Jakarta: Rendy Pandugo telah merilis album debut, The Journey, pada Rabu (30/8/2017). Album berisi sebelas lagu itu merangkum perjalanan musikalitas Rendy.

Direkam di The Kennel Studio, Swedia, album The Journey adalah album dari Sony Music Entertainment Indonesia pertama yang semua materinya berbahasa Inggris.

Delapan dari sebelas lagu di album The Journey ditulis dalam waktu dua bulan. Meski ditulis dalam waktu singkat, Rendy terbilang mampu menjaga musikalitas dengan baik. Tidak hanya karakter vokal yang menonjol, permainan gitar juga aransemen musik yang memiliki sound drum memikat ini pantas disimak.

Berikut catatan yang diberikan Rendy di balik sebelas lagu dalam album The Journey:

1. Float in the Sky
Ditempatkan sebagai track pembuka, lagu ini tampil dinamis lewat besutan elemen country, Rendy juga mengisi banjo di lagu ini. Lagu ini seperti sebuah anthem song bagi Rendy, yang menceritakan bagaimana perjalanan spiritual dalam hidupnya dan bagaimana mensyukuri hidup saat ini.

2. Silver Rain
Cerita cinta masa kecil ternyata bisa menjadi inspirasi untuk membuat karya baru. Dan Rendy Pandugo pun menuliskan kenangan indah masa bocahnya lewat Silver Rain, yang menjadi singel kedua,


Sumber: Youtube RendyPandugoVEVO

Lagu ini dikerjakan oleh Rendy dengan berkolaborasi dengan musisi Swedia yaitu Cage dan Oneye. “Lagu ini bercerita tentang jatuh cinta saat berumur 10 tahun, dan 20 tahun kemudian mereka bertemu, dan ternyata rasa cinta itu masih ada. Ini adalah lagu yang terinspirasi dari kisah masa lalu yang dikembangkan lagi,” jelas Rendy.

Inilah salah satu karya Rendy yang unik, karena menggabungkan dua rasa musik, yaitu warna EDM yang menjadi unsur kekinian, tetapi tanpa meninggalkan ciri khas musikalitas dari seorang Rendy Pandugo sendiri yang dikenal dengan folk musik akustik.

3. I Don't Care
I Don’t Care adalah single pertama berbahasa Inggris yang kaya dengan nuansa folk dan permainan gitar akustik yang apik. Lagu ini bercerita tentang bagaimana mengatasi rasa sakit dan kecewa setelah seseorang yang kita percayai melakukan sebuah kesalahan. Selaras dengan pesan dari lagu itu, video klipnya pun dibuat menggambarkan perjalanan seseorang yang berusaha menghilangkan kegalauan hatinya. Lagu ini yang melambungkan nama Rendy di industri musik Indonesia. Di samping itu, lagu ini juga membuat Rendy mendapat julukan "John Mayer Indonesia."


Sumber: Youtube RendyPandugoVEVO

4. 7 Days
Ini menjadi lagu penting dalam karier Rendy karena inilah lagu yang dibawakan secara demo live di hadapan para petinggi A&R Sony Music. Lagu ini ditulis oleh Rendy bersama Leo, menceritakan tentang bagaimana menikmati kebersamaan bersama sang kekasih. Lagu yang awalnya digarap full akustik ini dipoles lagi oleh produser Harry Sommerdahl dengan sentuhan musik yang terdengar kekinian.

5. Don't Call Me Baby
Lagu akustik dengan beat yang groovy ini menjadi lagu yang rileks sehingga sepintas mengingatkan orang pada musik ala John Mayer. Diakui Rendy bahwa John Mayer adalah salah satu musisi yang menginspirasi dirinya. Di lagu ini, Rendy ditantang untuk memaksimalkan potensi dirinya dengan vokal high pitch pada interlude.

6. Won't Let Me Down
Lagu ini dibuat oleh komposer Swedia, Caesar dan Loui, dimana menggabungkan komponen musik elektronik dengan perkusi. Lagunya menceritakan tentang spirit bahwa seberapa berat yang pernah kamu alami, percaya bahwa semua akan baik-baik saja. Ini lagu yang membangkitkan semangat, yang didedikasikan oleh Rendy untuk kawan dan orang-orang penting dalam hidupnya.

7. By My Side
Sebuah lagu ballad romantis hasil kolaborasi Rendy dengan Harry Sommerdahl. Bercerita tentang bagaimana mengungkapkan perasaan pada orang yang disayang.

8. Bad Company
Ini menjadi lagu favorit Rendy di album ini, karena lagu ini tercipta saat Rendy merasa kesepian dan down dalam proses penggarapan materi album The Journey. Yang menarik dari lagu ini adalah bagaimana musik akustik digabungkan dengan elemen string, sehingga menjadi lagu yang laid back namun tetap sweet. Semua instrumen di lagu ini di-take secara live, termasuk musik drumnya.


Sumber: Youtube RendyPandugoVEVO


9. Steal Away
Di sini dapat dirasakan nuansa modern dan mood kekinian. Lagu romantis dengan vibe yang enak, tentang rasa penasaran seseorang yang telah mencuri hatinya sejak pertemuan pertama.

10. Snap
Lagu dinamis yang terinspirasi dengan musik-musik upbeat yang saat ini sedang in. Lagu yang ditulis oleh duo Cage & Oneye menampilkan siulan-siulan yang rancak. Di lagu ini, Isyana Sarasvati membantu dengan memberikan sumbangan lirik pada beberapa bagian.

11. I Know the Answer
Lagu ballad namun dengan vibe yang catchy. Lagu ini menjadi opsi terakhir yang diberikan Rendy kepada tim A&R. Sempat tidak yakin apakah lagu ini bakal masuk. Lagu dengan nuansa era 60-an yang ditandai dengan permainan drumnya yang berkarakter ini, kemudian diberikan sentuhan baru oleh produser yang menamakan dirinya Trinity, dimana salah satu anggota adalah produser dari The Chainsmoker. Dan jadilah lagu ini perpaduan manis antara musik modern dengan sentuhan vintage era 60-an.


 


(ELG)

Cinta 99% Dea Dalila

Cinta 99% Dea Dalila

1 week Ago

Di momen yang tepat dan didukung tekad yang kuat, Dea memberanikan diri. Dia resmi memutuskan k…

BERITA LAINNYA