Giring Sebut Nidji Bisa Tampil 100 Kali dalam Setahun

Purba Wirastama    •    18 Desember 2017 16:49 WIB
Giring Sebut Nidji Bisa Tampil 100 Kali dalam Setahun
Giring Ganesha Saat Tampil Bersama Nidji (Foto: Hafiyyan Faza/High ISO)

Jakarta: Giring Ganesha memutuskan rehat dari grup musik Nidji untuk menapaki karier politik. Menurut dia, pengalaman belasan tahun sebagai musisi panggung telah membentuk  kebiasaan bersikap ramah meski sering kurang tidur.

"Memang banyak figur publik yang sudah dibentuk untuk bisa omong ke orang. Itu jadi sebuah kebiasaan. Omong ke orang, ramah ke orang, mendekati orang, melobi orang," kata Giring dalam sebuah acara diskusi di Jakarta, Minggu, 17 Desember 2017.

Giring bercerita dalam rangka menjelaskan perubahan fokus kerjanya dari musisi ke tokoh politik, yang sama-sama mendapat perhatian publik. Dia juga menyebut bahwa profesi musisi era sekarang menuntut profesionalitas tinggi. Dia mencontohkan hal sederhana, seperti saat harus tampil di acara musik televisi swasta yang disiarkan langsung pagi-pagi di kawasan Cinere, Jawa Barat.

"Jadi jam 4 pagi harus bangun, baru tidur berapa jam, terus di atas panggung, di depan kamera (beraksi)," tuturnya.

Tompi, yang juga hadir dalam diskusi, melontarkan komentar bahwa Giring melakukan lipsync saat tampil. Giring buru-buru mengelak.

"Gue enggak terima, (gue) enggak lipsync, band gue yang lipsync. Tiba-tiba: Yak mulai main! Kibordis gue masih di bawah, tapi lagu sudah mulai. Lo bayangin enggak sih? Sering gitu, bos!" ujarnya tertawa.

"Habis itu kami harus mengejar pesawat dan kami harus terus ramah. Menurut saya, sebagai figur publik, itu sudah terbangun, sudah dibentuk bertahun-tahun. Contohnya kemarin, kami sudah mulai foto buat baliho (kampanye pemilihan). Saya mengerjakan cuma sejam. Biasa kayak begitu," lanjut Giring.

Sebelumnya, Giring juga bercerita mengenai tingkat aktivitas dia saat masih aktif bersama grup Nidji sebelum 2017. Mereka menjalani tur musik dari panggung ke panggung. Dalam setahun, jumlahnya bisa mencapai 100 panggung.

"Jadi Nidji manggung live rata-rata 100 kali setahun, dan skenario yang saya alami hari ini, bangun pagi, keliling naik bis, turun dari pesawat, itu adalah hal biasa. Sampai kadang, gue harus megang pundak asisten gue saat jalan," tuturnya.

"Di tengah sleepwalking, tiba-tiba ketemu orang dan mereka selalu minta foto. Iya foto, senyum-senyum, ngantuk-ngantuk," imbuhnya.

Selama rehat dari Nidji, Giring akan fokus sebagai calon legislatif dari Partai Solidaritas Indonesia yang diketuai mantan presentar Grace Natalie. Dia menegaskan sejauh ini tidak akan keluar dari Nidji dan masih mempunyai hutang dua album rekaman untuk Musica Studios. Sementara itu, para personel Nidji masih aktif di proyek musik kolaborasi NEV+.

(ASA)