Balawan: Gitar Indonesia Tidak Kalah Dibanding Produk Luar Negeri

Raiza Andini    •    17 Maret 2017 10:14 WIB
balawan
Balawan: Gitar Indonesia Tidak Kalah Dibanding Produk Luar Negeri
Balawan (Foto: Metrotvnews/Raiza)

Metrotvnews.com, Denpasar: Sebagai gitaris, Balawan tentu sudah merasakan banyak gitar terbaik di dunia. Namun, menurut gitaris asal Bali ini, beberapa alat musik yang ditelurkan orang Indonesia sebenarnya mampu bersaing dengan produk luar negeri.

Balawan mengaku konsisten menggunakan produk Indonesia, meski ada beberapa koleksi gitarnya yang d-iendorse merek kenamaan luar negeri. Bagi Balawan, produk Indonesia sama bagusnya dengan luar negeri jika masyarakat Indonesia mampu mengapresiasi karya anak bangsa.

"Mampu banget bersaing dengan produk internasional. Nah, sebagai orang Indonesia, kita support apa enggak? Itu yang penting, kalau orang lokal tidak support dengan produk negaranya sendiri, bagaimana orang lain," ungkap Balawan saat berbincang dengan Metrotvnews.com di kediamannya, Jalan Pacar, Denpasar.

Dari segi bahan baku alat musik, Indonesia memiliki sumber daya alam yang kaya sehingga mampu menyamakan kualitas dengan produk internasional. Salah satu produk lokal terbaik yang kerap dipakai Balawan hingga saat ini adalah Rick Hanes. Gitar yang dibuat di Sidoarjo pernah meraih gelar predikat "Guitar of The Year 2012" versi Guitar Planet-UK.


Balawan memakai gitar Rick Hanes (Foto: Metrotvnews/Raiza)

Menurutnya, penduduk Indonesia memiliki jumlah yang tidak sedikit. Jika 10 persen saja masyarakatnya mendukung produk-produk musik buatan Indonesia, maka karya anak bangsa akan dilirik internasional.

"Kita ini bangsa yang besar, apapun di Indonesia itu karya anak bangsa itu sangat mempunyai kesempatan untuk menjadi produk yang bisa bersaing di internasional," jelasnya.

Oleh karena itu, Balawan mengimbau kepada masyarakat Indonesia untuk mendukung produk musik Tanah Air, daripada membeli produk luar negeri namun imitasi yang banyak dijual di Indonesia.

"Daripada beli produk KW tiga, empat tapi namanya internasional lebih baik menggunakan produk lokal yang KW satu," tutupnya.

 


(ELG)

Guruh Soekarnoputra Sebut Orde Baru sebagai Biang Kerok Krisis Kebudayaan Indonesia

Guruh Soekarnoputra Sebut Orde Baru sebagai Biang Kerok Krisis Kebudayaan Indonesia

5 days Ago

Guruh juga mengingatkan jika generasi muda tidak lagi peduli akan bahasa Indonesia yang baik da…

BERITA LAINNYA