Barong Rilis Dua Singel Sekaligus

Agustinus Shindu Alpito    •    31 Mei 2017 16:13 WIB
musik indonesia
Barong Rilis Dua Singel Sekaligus
Barong (Foto: dok. barong)

Metrotvnews.com, Jakarta: Grup musik Barong melepas dua singel baru sekaligus, yaitu Layar, dan Temukan Damaimu. Dua singel ini merupakan sajian pembuka menuju album penuh bertajuk Ramahamarah, yang akan segera dirilis.

Singel Layar ditulis Barong dengan kesadaran penuh bahwa mereka tidak cukup hanya bermusik, namun juga membawa tanggung jawab yang lebih utama dan mendasar, yaitu menjadi bagian tidak terpisahkan dari seluruh anak manusia dalam mencari makna kehidupan.

Layar merupakan lagu yang memberi kesadaran bahwa negeri kita merupakan negeri maritim.

"Di sini Barong menyadari 'kemaritiman.' Barong menyadari negeri kita sebagai negeri bahari, di mana peradaban maritim pernah jaya dalam sejarah. Maka, Layar membuka tajuknya dengan membabar dan membakar para pendengarnya untuk menyadari diri sebagai anak maritim," jelas Barong dalam keterangan pers yang diterima Metrotvnews.com.

Lebih dalam lagi, Layar mengajak kita merefleksikan sifat-sifat "laut" yang akan memberi kebijaksanaan dalam berkehidupan.

"Dalam singel Layar, sesungguhnya juga sedang menegaskan bahwa kita mesti datang untuk belajar ke laut. Melihat horizon yang lurus tanpa sekat, tanpa penghalang. Melihat kemerdekaan dan kebebasan ombak yang bergulung menembus keheningan. Melihat dan menyadari betapa kita begitu kaya sekaya keragaman apa yang ada di dalam lautan. Untuk itu, Barong pun menyapa laut, 'Hey laut, kami datang.'"



Berlanjut ke singel Temukan Damaimu yang juga dirilis Barong, mereka ingin menyampaikan sebuah pesan perihal ketulusan.

"Lewat lagu ini (Temukan Damaimu), Barong berkisah tentang seorang ayah yang mengajak buah hatinya temukan damai. Lagu ini seperti nina bobo untuk seorang bocah yang dipercaya begitu istimewa. Bahkan si anak dibuai dan dibesarkan sebagai bagian penting dari seluruh alam semesta," jelas Barong.

Tidak berhenti sampai di situ, dalam lagu Temukan Damaimu, Barong ingin mengajak kita semua untuk mendamaikan perasaan anak-anak kita sendiri. Memendam gundah, gelisah, dan amarah. Hal ini relevan melihat anak-anak bangsa yang saling menghujat dan melempar kebencian.

"Lebih jauh lagi, ketika anak yang ditimang itu adalah anak-anak bangsa, maka Barong seakan menjelma sebagai 'bapak' yang tulus menenangkan dan meneguhkan cinta kita."

Dalam singel Temukan Damaimu, Barong berkolaborasi dengan seorang novelis dan penyair, Abdullah Wong. Bersama Abdullah Wong, Barong memasak gagasan bersama hingga lahir lirik Temukan Damaimu.




 


(ELG)

Guruh Soekarnoputra Sebut Orde Baru sebagai Biang Kerok Krisis Kebudayaan Indonesia

Guruh Soekarnoputra Sebut Orde Baru sebagai Biang Kerok Krisis Kebudayaan Indonesia

5 days Ago

Guruh juga mengingatkan jika generasi muda tidak lagi peduli akan bahasa Indonesia yang baik da…

BERITA LAINNYA