Lady Gaga Kisah Pilu Jadi Inspirasi Album

Media Indonesia    •    27 September 2016 11:36 WIB
lady gaga
Lady Gaga Kisah Pilu Jadi Inspirasi Album
Lady Gaga.(Foto:AP)

Metrotvnews.com: Judul dan tanggal rilis album studio kelima Lady Gaga akhirnya diumumkan. Album berjudul Joanne itu akan meluncur pada 21 Oktober mendatang. Joanne memang bagian dari nama lengkap Gaga, Stefani Joanne Angelina Germanotta. Namun, bukan sekadar itu.

Nama album tersebut merupakan bentuk penghormatan Gaga terhadap almarhumah bibinya, Joanne Stefani Germanotta, yang meninggal karena penyakit lupus pada usia 19 tahun, 12 tahun sebelum Gaga lahir pada 1986.

"Dia (Joanne) sangat menderita karena lupus. Kematiannya benar-benar meninggalkan bekas luka yang tak kunjung sembuh di keluarga kami," ujar penyanyi berusia 30 tahun itu seperti dilansir Contactmusic.
Joanne yang merupakan saudara kandung sang ayah telah memberi pengaruh besar pada kehidupan Gaga. Hal itu diakui penyanyi berjuluk Mother Monster itu sejak lama. Seperti yang diungkapkannya melalui buku biografinya, The Fame.

Dalam booklet album pertamanya, The Fame, Gaga juga menampilkan puisi yang ditulis Joanne sebelum meninggal, berjudul For a Moment.

Pada 2010, Gaga mengungkapkan sang bibi telah membantunya lepas dari ketergantungan obat. "Saya selalu ingin menjadi seperti idola saya, Mick Jagger dan Andy Warhol. Dulu saya berpikir, keinginan itu hanya bisa dicapai dengan meniru gaya hidup mereka (termasuk mengonsumsi obat-obatan terlarang). Namun, kemudian saya menyadari bibiku, Joanne yang meninggal pada usia 19 tahun telah memberikan semangat hidupnya padaku. Ia pelukis dan penyair, saya merasa harus menyelesaikan apa-apa yang belum sempat dikerjakannya."
Ayah Gaga juga membuka restoran dengan nama Joanne Trattoria. Restoran itu diresmikan Gaga pada 2012.

Tentang ketangguhan

Album Joanne terdiri dari 11 lagu, sementara versi deluxe-nya, terdiri dari 14 lagu.  Salah satu lagu dalam album tersebut, Perfect Illusion, telah dirilis sebagai singel beberapa waktu lalu dan mendapat sambutan hangat dari pada penggemar.

Terbukti, sepekan setelah diluncurkan, Perfect illusion berhasil duduk di puncak Itunes Store di 60 negara.
Dalam penggarapan album itu, Gaga berkolaborasi dengan Beck, Father John Misty, Florence Welch, dan penulis lagu Hillary Lindsey.

Gaga menjelaskan lagu-lagu dalam album tersebut bercerita mengenai ketangguhan, bagaimana ia dan keluarganya menghadapi rasa sakit karena kehilangan orang yang dicintai.

"Pengalaman keluarga kami, tantangan, dan ketegaran kami membuat kami menjadi seperti sekarang. Itu semua, ketegaran dari rasa sakit yang terjadi akibat kehilangan, membuat kami menjadi kuat," ujarnya.  


(FIT)