Mengenang Pedihnya Cinta di Bulan November dalam November Rain

Agustinus Shindu Alpito    •    17 November 2017 18:32 WIB
guns n roses
Mengenang Pedihnya Cinta di Bulan November dalam November Rain
Video klip November Rain (Foto: youtube)

Jakarta: November menyimpan kisahnya tersendiri bagi setiap insan. Tidak sedikit lagu populer yang terinspirasi bulan di penghujung tahun ini. Salah satu yang paling ikonik adalah November Rain dari Guns N’ Roses.

Di balik kostum eksentrik dan keliaran di atas panggung, Axl Rose tetaplah laki-laki pada umumnya yang pernah merasakan cinta dan patah hati. Setidaknya itu yang tersirat dari lirik November Rain.

Simak bagaimana peliknya asmara - meski penuh perjuangan tapi tetap menyimpan harapan - yang diabadikan dalam penggalan lirik "So never mind the darkness, we still can find a way. Cause nothin' lasts forever even cold November rain."

November Rain
sendiri disebut-sebut sebagai lagu yang sudah ditulis Axl sebelum Guns N’ Roses berdiri. Tracii Guns, rekan band Axl di LA Guns telah mendengar sang vokalis kharismatik itu memainkan November Rain sejak 1983.

“Saat kami mengerjakan EP untuk LA Guns, kira-kira di tahun 1983, dia (Axl) memainkan November Rain dengan piano. (Seolah) itu seperti satu-satunya lagu yang (Axl) bisa mainkan. Dia kemudian bilang, ‘Suatu saat lagu ini akan sangat keren.’ Kemudian saya jawab, ‘Lagu itu sudah keren, tapi belum selesai.’ Di mana pun, entah di hotel atau di tempat lain selama ada piano di sana, (Axl) akan selalu memainkan (November Rain). Kemudian saya bilang, ‘Kapan kamu akan menyelesaikan lagu itu?’ dan dia menjawab, ‘Saya enggak tahu apa yang harus saya lakukan dengan lagu ini,’” kisah Tracii.

Lagu ini bukan lagu biasa bagi Axl. Entah bagaimana, November Rain memiliki ikatan emosional dengan Axl. Hal itu yang membuat Axl tidak ingin buru-buru menyelesaikan penulisan lagu November Rain. Baru pada 1991 lagu November Rain benar-benar dirilis, dalam album Use Your Illusion I. Itu artinya lagu ini memakan proses kreatif lebih dari sewindu, setidaknya dihitung dari pertama kali Tracii menyadari Axl memiliki lagu ini.

Slash, gitaris masa awal Guns N’ Roses yang kini telah bergabung lagi dalam biografinya pernah menyebut bahwa rekaman awal November Rain pada 1986 berdurasi 18 menit. Lagu itu direkam sebelum Guns N’ Roses merekam album Appetite For Destruction. Slash juga mengaku menghindari membawakan lagu itu di atas panggung setelah hengkang dari Guns N’ Roses pada 1996, alasannya tidak lain karena lagu itu merupakan lagu yang sakral bagi Axl Rose.

Teknisi suara Bill Price yang membesut album Use Your Illusion pernah bercerita bahwa Axl meminta untuk ditinggal sendirian di studio saat take vokal lagu November Rain. Dia hanya minta disediakan sebuah ember untuk buang air. Bagi Axl mungkin lagu itu begitu mengikat jiwanya.

Axl juga mengisi bagian orkestra di awal lagu dengan synthesizer. Banyak yang terkecoh mengira Guns N’ Roses melibatkan kelompok orkestra sungguhan pada lagu ini, padahal tidak sama sekali. Semua itu berasal dari mesin synthesizer yang dimainkan oleh Axl.

Setiap tahun di bulan November, lagu November Rain diputar di berbagai belahan dunia. Lagu ini telah berusia lebih dari seperempat abad, namun tetap relevan untuk terus diputar. Sekaligus sebagai sebuah pesan bahwa tak jarang cinta menguras air mata, seperti hujan deras yang jatuh di bulan November.



 


(ELG)