Orkes Moral PSP Bersyukur Panggung Musik Mereka Diramaikan Anak Muda

Purba Wirastama    •    14 Desember 2018 15:45 WIB
Orkes Moral PSP
Orkes Moral PSP Bersyukur Panggung Musik Mereka Diramaikan Anak Muda
OM PSP (Foto: Medcom/Purba)

Jakarta: Grup musik humor Orkes Moral Pancaran Sinar Petromaks (PSP) telah berusia 40 tahun sejak dibentuk oleh delapan mahasiswa di Jakarta pada 1978. Mereka bersyukur masih sering diundang tampil di panggung musik hingga sekarang, bahkan di hadapan penonton generasi muda.

"Bersyukur sampai saat ini PSP masih dipanggil untuk manggung," kata Andra Muluk, salah satu personel, dalam jumpa pers film remake berjudul PSP: Gaya Mahasiswa di XXI Plaza Indonesia, Kamis, 13 Desember 2018.

"Dan yang menonton, kebanyakan anak muda. Setiap kali kami ke kampus, pasti ada yang menyanyikan lagu PSP," lanjutnya.

Penerimaan ini menambah kepercayaan diri Muluk dan kawan-kawan dari OM PSP, ketika film komedi yang pernah mereka mainkan 38 tahun silam diadaptasi ke film terbaru berjudul Gaya Mahasiswa oleh sutradara Hilman Mutasi dan Max Pictures.

Film aslinya berjudul Manis-manis Sombong garapan sutradara Eduart P Sirait dan penulis naskah Deddy Armand. Kisahnya berpusat pada dinamika delapan mahasiswa yang membentuk grup musik dan bermain di klab demi mencari uang. Sementara itu, ada Fatimah, janda muda yang dekat dengan salah satu personel dan membuat grup goyah.

Dalam film terbaru, peran para personel OM PSP digantikan oleh aktor yang lebih muda, seperti Adjis Doaibu, Rizky "Uus" Firdaus, dan Dimas Danang. Fatimah, yang dulu diperankan Lydia Kandou, kini diperankan Aura Kasih.

Mereka berharap film ini tidak hanya menjadi hiburan penonton, tetapi juga menjadi medium untuk mengenalkan lagu dan lirik lama kepada generasi muda terkini.

"Jarak lahirnya (personel) PSP dengan generasi millenial ini 40 tahun. Jadi misalnya ada penggemar PSP yang dulu, mungkin film ini ditujukan bagi cucunya," kata Norman "Omen" Santoni dalam kesempatan sama.

"Justru dengan adanya film ini, PSP akan dikenal generasi millenial."
(ELG)