Chanyeol EXO Ikut Demam Lagu Sayur Kol

Cecylia Rura    •    15 Desember 2018 19:37 WIB
exoPunxgoaran
Chanyeol EXO Ikut Demam Lagu Sayur Kol
Chanyeol EXO (Foto: ist)

Jakarta: Penggalan lirik lagu Sayur Kol milik band asal Pematangsiantar, Punxgoaran tengah menjamur dan viral. Setelah banyak dibicarakan hingga mendapat perlawanan dari pihak pemerhati hewan, penggalan lirik lagu mereka dibawakan Chanyeol EXO.

Pada Jumat, 14 Desember 2018 Chanyeol EXO melakukan live via akun Instagram @real__pcy. Dia menyapa para penggemar yang menulis pesan untuknya. Menariknya di tengah sesi tanya jawab bersama EXO-L, Chanyeol menuruti permintaan penggemar untuk mengucapkan kalimat "Makan daging anjing dengan sayur kol."

Selain kalimat itu, Chanyeol juga menuruti permintaan penggemar untuk mengucapkan kalimat bahasa Indonesia lain seperti "Aku sayang kamu", "Saya Tampan", "Apa sih", "Ngakak", dan "Astaga". Tak hanya Indonesia, Chanyeol juga menyapa penggemar dari negara lain seperti Malaysia, Tiongkok, Filipina, Vietnam, Saudi Arabia, dan Rusia.

Lagu Sayur Kol perdana dirilis pada 2017. Lagu ini kembali viral setelah seorang bocah perempuan menyanyikan lirik lagu dengan polos. Selain dianggap memberi hiburan, lagu ini juga menuai kontra dari beberapa pihak pemerhati hewan. Menurutnya, lagu tersebut seolah mengampanyekan makan daging anjing.

Kontroversi di Balik Lagu Viral "Sayur Kol"

Guido F. Hutagalung, vokalis Punxgoaran sekaligus penulis lagu menegaskan lagu Sayur Kol bercerita tentang tradisi budaya Batak yang terjadi di Sumatra Utara khususnya Pematangsiantar.

"Saya akan jelaskan bahwasannya budaya Batak itu, daging anjing tidak terlepas dari kearifan lokal yang kita punya sedari dulu. Itu yang menjadi alasan kita senjata kita," paparnya kepada Medcom.id saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis, 13 Desember 2018.


(ELG)