Pemalu hingga Pecinta Kucing, 6 Fakta Unik Freddie Mercury

Cecylia Rura    •    24 November 2018 12:10 WIB
Freddie Mercury
Pemalu hingga Pecinta Kucing, 6 Fakta Unik Freddie Mercury
Freddie Mercury bersama kucingnya (Foto: via johnnytimes)

Jakarta: Freddie Mercury bukan orang asing dalam daftar legenda musik yang berhasil mencuri perhatian dunia. Memegang kendali sebagai vokalis Queen, Freddie Mercury menjadi salah satu sosok ikonik ketika Queen berada di atas panggung.

Dengan persona unik dan suara oktaf yang dimiliki, musisi kelahiran 5 September 1946 itu tak sekadar menyuarakan lagu-lagu dengan makna lirik mendalam. Tak heran ketika film biopiknya Bohemian Rhapsody, judul yang dinukil dari salah satu lagu terbaiknya sukses mengangkat kembali nama Freddie Mercury bahkan aktor pemerannya Rami Malek.

Sederet fakta menarik mulai terungkap ketika namanya kembali diangkat. Hari ini, 24 November pada 27 tahun silam Freddie Mercury meninggal dalam usia 45 tahun.


1. Lahir dengan nama Farrokh Bulsara

Freddie Mercury bukan nama asli. Ia dilahirkan dengan nama Farrokh Bulsara di Zanzibar (Tanzania) dan dibesarkan di India sebelum akhirnya menetap di Kensington, Inggris.

Nama Freddie diperoleh ketika ia berada di sekolah khusus pria St. Peter. Sekolah ini mengusung gaya British dan lokasinya masih berada di Mumbai.

Pada pertengahan tahun 60-an, Freddie  dan keluarga sempat kembali ke Zanzibar. Setahun setelahnya, mereka terpaksa bermigrasi ke London untuk menghindari Zanzibar Revolution.

Freddie melanjutkan studi desain grafis di Ealing Art College (University of West London). Sebelum memulai karier sebagai musisi, ia pernah bekerja sebagai porter di Heathrow Airport.


2. Pecinta Kucing

Album solo perdana Freddie Mercury berjudul Mr. Bad Guy didedikasikan untuk kucing pertamanya, Jerry. Repertoar dalam album dibuat berbeda dari gaya bermusik Queen dengan sentuhan rock. Ia mengambil alih seluruh proses pembuatan album mulai dari rekayasa suara untuk efek hingga menggunakan synthesizer dan musik orkestra untuk mengembangkan musik.

Freddie juga memiliki beberapa kucing kesayangan dengan ceritanya masing-masing. Delilah, kucing berukuran besar diadopsi Freddie pada 1987. Delilah adalah kucing yang diberi kebebasan oleh Freddie. Soal makanan, Delilah selalu menjadi yang pertama, bahkan ia yang paling sering digendong Freddie dan diselamatkan dari geng kucing lain.

Selain itu ada Goliath, kucing hitam yang kerap menghilang. Suatu hari Goliath menghilang cukup lama hingga Freddie bersama para staf menghabiskan waktu seharian mencarinya. Goliath ditemukan sedang berbaring dalam westafel marmer di kamar mandi.

Ada juga Miko, kucing yang diadaptasi ketika Freddie berkunjung ke Jepang. Ia juga mengadopsi Romeo, kucing putih yang diidam-idamkannya ternyata cukup aktif dan hobi bertarung. Lalu ada Oscar, kucing berwarna putih-orange yang suka menyendiri.

Freddie banyak mengabiskan waktu bersama kucingnya ketika berada di Green Lodge di kediamannya.


3. Memberi nama julukan untuk sahabatnya dengan akhiran nama perempuan

Freddie memberikan nama khusus untuk rekan satu band. Uniknya, setiap personel diberi nama belakang perempuan. Seperti Elthon John "Sharon" dan Brian May "Maggie". Ia bahkan memiliki nama belakang perempuan untuknya, Freddie Mercury "Melina". Namun, ia tak menemukan nama perempuan yang tepat untuk John Deacon karena menurutnya John terlalu maskulin.


4. Trademark 'Half-broken' Mic ala Freddie Mercury

Setiap musisi memiliki trademark sendiri di atas panggung. Freddie Mercury mengandalkan 'half-broken' mic atau mik setengah patah sebagai ciri khasnya.

Mik itu tidak disengaja saat ia tengah tampil di atas panggung. Alih-alih mengganti yang baru, Freddie Mercury justru memainkan mik itu dan kerap bernyanyi sambil membawa tongkat.


5. Pemalu

Meski dikenal sebagai sosok pentolan dari grup band Queen, Freddie Mercury dikenal pemalu.

"Dalam kehidupan sehari-hari, tidak ada yang tahu persis seperti apa Freddie Mercury. Dia adalah sosok pemalu, lembut dan baik hati," tutur Roger Taylor, personel Queen.

"Saat berada di atas panggung aku menjadi sangat ekstrovert. Selain itu, aku orang yang berbeda," ungkap Freddie.


6. Hanya satu orang yang tahu di mana Freddie Mercury dimakamkan

Freddie Mercury meninggal dunia pada 24 November 1991 setelah bergulat dengan penyakit AIDS. Ia bahkan mengumumkan penyakit yang diderita sehari sebelum kematiannya.

Mary Austin adalah mantan kekasih dan salah satu orang yang dipercaya Freddie Mercury selain Jim Hutton. Ia berpesan kepada Austin agar tidak ada satupun orang yang tahu di mana abu kremasinya ditebar.

Pada Oktober 2012, sebuah akun YouTube Nyau Empire mengunggah adanya papan nama Farrokh Bulsara di Kensal Green Cemetery, London. Namun, tetap saja belum ada informasi valid di mana abu jenazah Freddie Mercury.




 
(ELG)

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

1 week Ago

Log memastikan bahwa dalam waktu dekat, dia akan pensiun total dari bisnis pagelaran musik, ter…

BERITA LAINNYA