Band Kreatif Ini Ciptakan Lagu dari Delay Facebook Live

Agustinus Shindu Alpito    •    06 Oktober 2017 16:43 WIB
musik
Band Kreatif Ini Ciptakan Lagu dari Delay Facebook Live
The Academic (Foto: via queensradio.co.uk)

Metrotvnews.com, Jakarta: Teknologi live dalam berbagai aplikasi berbasis digital sebenarnya tidak seratus persen langsung. Butuh waktu beberapa detik atau milidetik bagi video untuk sampai ke layar pengguna lain yang menonton. Jeda waktu itu disebut delay.

Bagi pengguna internet, delay bisa jadi hal yang menyebalkan. Namun bagi band The Academic, delay memiliki potensi lain untuk diolah dalam karya musik.

Memanfaatkan delay dari Facebook Live, The Academic membuat versi loop dari lagu mereka, Bear Claws. Butuh ketepatan yang tinggi dari proyek ini, dengan memperhitungkan secara akurat jeda delay dan kapan mereka memainkan instrumen langsung.

"Kami mengaransemen ulang setiap instrumen dalam lagu Bear Claws agar bisa pas dengan delay Facebook Live, setiap loop dibuat kompleks, menambah beberapa instrumen, rhytm dan melodi. Dengan memproyeksikan video live kami di panggung, itu seperti membuat terowongan tak terbatas dari rekaman yang sebelumnya kami rekam,” kata The Academic seperti mereka jelaskan dalam kolom keterangan di YouTube.

Video menarik ini mereka unggah ke YouTube pada 3 Oktober 2017 dan hingga saat ini, Jumat (6/10/2017) telah diputar lebih dari 848 ribu kali.

The Academic merupakan grup indie-rock asal Irlandia yang terbentuk pada 2013. Band ini terdiri dari empat personel, yaitu Craig Fitzgerald pada vokal dan gitar, Matt Murtagh pada gitar, Stephen Murtagh pada bass dan Dean Gavin pada drum.




(ELG)

Guruh Soekarnoputra Sebut Orde Baru sebagai Biang Kerok Krisis Kebudayaan Indonesia

Guruh Soekarnoputra Sebut Orde Baru sebagai Biang Kerok Krisis Kebudayaan Indonesia

4 days Ago

Guruh juga mengingatkan jika generasi muda tidak lagi peduli akan bahasa Indonesia yang baik da…

BERITA LAINNYA