5 Karya Jimmy Page Sebelum Tenar Bersama Led Zeppelin

Cecylia Rura    •    09 November 2017 08:10 WIB
led zeppelin
5 Karya Jimmy Page Sebelum Tenar Bersama Led Zeppelin
Jimmy Page (Foto: billboard)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebelum bergabung dengan band Led Zeppelin, gitaris Jimmy Page sudah lebih dulu menjadi bintang muda mandiri yang berkarier di dunia musik sebagai musisi studio di London.

Mengenal lebih jauh tentang sosok Jimmy Page, berikut kelima karyanya sebelum bergabung dalam Led Zeppelin seperti dikutip dari Billboard:


1. Jet Harris and Tony Meehan - "Diamonds" (1963)

Sebelum dentuman musik The Beatles dan musik instrumental The Shadows mendominasi blantika musik Inggris di awal tahun 60-an, bassist Jet Harris dan drummer Tony Meehan mengajak Jimmy Page berkolaborasi dalam sebuah studio rekaman. Ini merupakan proyek pertamanya sebagai seorang musisi kala itu, di mana ia juga masih berstatus sebagai murid di Sutton Art College. Singel Diamonds kemudian berada pada posisi puncak di U.K. dan bertahan selama beberapa minggu.

2. The Rolling Stones - "Heart of Stone (Demo)" (1964)

Singel ini merupakan salah satu yang populer kala itu dalam katalog The Rolling Stones. Jimmy ikut bermain dalam demo awal dengan menyelipkan teknik slip-and-slide guitar. Mick Jagger kala itu bernyanyi dalam nada yang berbeda.

3. The Who - "I Can't Explain" (1965)

Bisa dikatakan Page berperan penting dalam pembuatan singel lagu besutan The Who. Page memainkan gitar rhythm mengiringi permainan riff dari Pete Townshend. Page juga berkontribusi dalam singel lagu The Who yang  berjudul Bald Headed Woman.

4. Donovan - "Season of the Witch" / "Sunshine Superman" (1966)

Jimmy Page sempat menjadi bagian dari musisi Skotlandia, Donovan dalam album ketiga mereka yang berjudul Sunshine Superman. Dalam album ini Page bermain dalam lima singel lagu termasuk di antaranya Hurdy Gurdy Man, Teen Angel dan The Trip.

5. Joe Cocker - "With a Little Help From My Friends" (1968)

Hampir semua penggemar Kevster, Paul dan Winnie yang booming dalam serial TV The Wonder Years mengenali gaya bermusik Page yang juga sempat mengkaver musik The Beatles. Saat di tahun terakhirnya bersama Yardbirds, sebelum mulai bermusik dengan Led Zeppelin di tahun 1968, Page membantu kawannya, Joe Cocker dalam debut album solo With a Little Help From My Friends. Dari beberapa album yang digarap Page, menurutnya ini salah satu kontribusi dengan musik paling dramatis. Singel lagu ini kemudian menempati posisi teratas di Amerika Serikat, salah satu pencapaian sukses yang membanggakan bagi Page selain bersama dengan Led Zeppelin.

 


(ELG)

Cinta 99% Dea Dalila

Cinta 99% Dea Dalila

3 days Ago

Di momen yang tepat dan didukung tekad yang kuat, Dea memberanikan diri. Dia resmi memutuskan k…

BERITA LAINNYA