Rahasia KLa Project Eksis Bermusik 30 Tahun

Cecylia Rura    •    28 November 2018 13:46 WIB
kla project
Rahasia KLa Project Eksis Bermusik 30 Tahun
Katon Bagaskara, vokalis KLa Project (Foto: Antara Foto/Fikri Yusuf)

Jakarta: Selama tiga dekade KLa Project sukses memberi warna pada industri hiburan Tanah Air. Untuk bisa bertahan di tengah arus pergantian musik, KLa Project tak memiliki kiat khusus selain menjaga relasi dan tim manajemen baik yang menaungi KLa Project.

"Bukan sekadar satu profesi. Kenal Lilo juga berteman, puluhan tahun yang lalu, dan pertemanan itu yang terjaga. Jadi bermusik itu bagian dari pertemanan sehingga ada teman berbisnis, ini kami bermusik," tutur Adi di sela sesi latihan di kawasan Palmerah Selatan, Jakarta, Selasa 27 November 2018.

Mereka cukup fleksibel soal waktu. Tak ada komitmen yang dipatok untuk berapa lama mereka akan terus berada di panggung musik.

"Yang menyenangkan kami enggak pernah hitung bahwa udah 10 tahun, waktu janjinya nge-band itu yaudah kita buat band aja yuk enggak ada komit, yuk sampai lima tahun, sepuluh tahun."

"Karena kalau satu udah enggak nyaman ya enggak nyaman aja. Jadi percuma kontrak, percuma komitmen ngomong gitu, janji gini. Jadi jalan aja mungkin kalau saya pikir saya beruntung kita enggak pernah merekayasa pertemanan tersebut, harus begini, ngalir aja ternyata chemistry itu jadi aja," sambung Adi.

Grup musik yang kini digawangi trio Katon Bagaskara, Romulo Radjadin (Lilo), dan Adi Adrian akan merayakan tahun ke-30 dengan konser bertajuk Karunia Semesta. Tajuk ini diambil sebagai bentuk rasa syukur terhadap semesta.

"30 tahun ini judulnya Karunia Semesta karena kita sangat bersyukur bahwa kita sampai 30 tahun dan itu kita enggak ngerasa ngoyo ya, tahu-tahu sudah 30 tahun," papar Lilo.

KLa Project pertama kali dibentuk 1988. Saat itu, masih ada Ari Burhani yang memegang kendali pada drum.

Konser KLa Project Karunia Semesta digelar pada 5 Desember 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan.
 


(ASA)