Rich Brian Menyesal Pernah Pakai Nama "Chigga"

Purba Wirastama    •    06 Februari 2018 16:23 WIB
musik internasional
Rich Brian Menyesal Pernah Pakai Nama
Rich Brian (Foto: YouTube)

Jakarta: Musisi hip-hop Brian Imanuel mengganti nama panggungnya menjadi Rich Brian, setelah  hampir dua tahun dikenal sebagai Rich Chigga. Belakangan dalam wawancara terbaru, Brian mengaku menyesal pernah mamakai nama "Chigga."

"Aku merasa nama itu tidak benar-benar mewakili aku lagi," kata Brian kepada majalah GQ.

"Aku ingin membawa musikku ke arah berbeda dan ingin jujur atas apa yang aku bicarakan dalam musik. Aku tak ingin lagi musikku bicara tentang hal-hal yang aku bicarakan di Dat $tick. Aku telah ngobrol banyak dengan orang-orang di industri, aku dapat tanggapan, dan aku hanya merasa itu bukan aku lagi," lanjutnya.

Brian, kelahiran Jakarta 1999, dikenal luas setelah merilis video musik untuk singel Dat $tick di YouTube. Saat itu dia menggunakan nama Rich Chigga, yang datang dengan spontan saat dia dan rekan produsernya hendak merilis lagu ini layanan streaming SoundCloud.

Nama asli "Brian Imanuel" dirasa terlalu panjang sehingga mereka mencari yang lebih pendek. Spontan tercetus Rich Chigga dari produser, yang langsung diamini oleh Brian karena mudah diingat.

Setelah video musik Dat $tick menjadi viral di lingkup global, popularitas Brian ikut naik. Dia merilis dua singel lain pada 2016, yaitu Who That Be dan Seventeen. Pada 2017, Brian memulai pengerjaan album perdana berjudul Amen, yang baru saja dirilis Jumat pekan lalu. Saat album ini dirilis, Brian telah memakai nama baru Rich Brian.

Menurut Brian, sejumlah orang menilai bahwa video musik Dat $tick populer karena nama Rich Chigga. Namun dia punya pendapat tersendiri.

"Ada beberapa orang yang bilang, jika namaku bukan Rich Chigga, orang-orang tidak akan mengecek video musik ini. Aku sendiri merasa orang tertarik karena video ini, yang mengena ke banyak orang. Secara personal, aku rasa nama ini tidak benar-benar membawa dampak yang besar," ujar Brian.

Brian juga menampik anggapan bahwa dia mengubah nama karena sudah populer dan "Chigga" hanya digunakan sebagai pendongkrak merek personal.

"Pertama, aku rasa itu tidak benar. Ini hanyalah sesuatu yang aku sadari dalam perjalanan. Ini adalah sebuah kesalahan yang aku buat jauh masa lalu," tukasnya.

Nama "Chigga" memang sensitif terkait isu rasisme, tidak lain sebutan itu terdengar seperti panggilan kasar untuk orang Afro-Amerika. Pro-kontra atas nama "Chigga" pun pernah terjadi di jagat media sosial. Keputusan Brian memakai nama Rich Brian adalah pilihan berani, sekaligus membuktikan bahwa dirinya fokus pada dunia musik sepenuhnya, bukan sensasi semata.

Debut album penuh Rich Brian, Amen, telah dirilis pada Jumat 2 Februari 2018 di bawah label 88rising Music dan Empire Distribution. Dalam sehari, album ini berhasil menduduki posisi puncak di iTunes kategori Top Albums Hip Hop.

 


(ASA)

Tashoora, Invasi Berbahaya Sekstet dari Yogyakarta

Tashoora, Invasi Berbahaya Sekstet dari Yogyakarta

5 days Ago

Dalam musik yang energik sekaligus kontemplatif yang diramu Tashoora, terlantun lirik-lirik pui…

BERITA LAINNYA