Navicula Tetap Bermusik Tanpa Made

Cecylia Rura    •    27 Maret 2018 11:08 WIB
navicula band
Navicula Tetap Bermusik Tanpa Made
Navicula Band (Foto:Antara/Fanny Octavianus)

Denpasar: Grup band Navicula tengah berkabung. Bassist Indra Made meninggal dunia setelah mengalami masa kritis akibat kecelakaan yang menimpa dirinya bersama sang kekasih, Afiriana Dewi. Kronologi kejadian terjadi ketika Made dan Afi pamit lebih dulu usai Navicula mengisi acara Kopernik Day di Gianyar Bali pada Jumat malam, 23 Maret 2018.

Kronologi Kecelakaan Tragis Made "Navicula" dan Calon Istrinya

Kendati kepergian Made menyisakan duka mendalam, Robi Navicula mengatakan band yang telah digagas sejak beberapa tahun lalu ini akan tetap berjalan tanpa Made.

"Yang jelas band ini harus tetap jalan dan saya yakin Made kalau menyaksikan ini dari frekuensi lain, dia juga pengin band ini bertahan hidup," papar Robi ketika dihubungi Medcom.id pada Selasa, 27 Maret 2018.

"Bisa dibilang Navicula mimpi kita bersama. Dari kecil kita waktu masih kecil-kecil bermimpi Navicula berapa puluh tahun lalu, kita punya mimpi membawa band ini besar. Saya yakin Made dengan musibah kayak gini, spiritnya tetap menginginkan band ini besar dan jalan, saya yakin sekali karena kita tumbuh bersama, saya yakin sekali dia tidak ingin band ini terhambat dengan musibah ini," imbuh Robi.

Untuk posisi Made sebagai pemain bass, Robi sudah mendapatkan berbagai tawaran bantuan dari grup solidaritas musisi di Bali dan luar Bali sehingga tak ada alasan bagi Navicula untuk berhenti bermusik. Namun, untuk pengganti Made memang benar-benar belum direncanakan.

Navicula pertama kali dibentuk di Bali pada 1996 dengan formasi dasar Robi (vokalis dan gitaris), Dankie (gitaris), Made (bassist), serta Gembull (drummer).

Jenazah Indra Made rencananya akan dikremasi setelah ditentukan hari baik di Bali oleh pihak keluarga dan kerabat. Jenazah Made masih berada di Rumah Sakit Sanglah, Bali. Sementara, jenazah Afi telah dipulangkan ke keluarganya di Yogyakarta pada Sabtu, 24 Maret 2018.


(DEV)