Reyog Jazz Ponorogo Meleburkan Jazz, Panorama, dan Reog

Agustinus Shindu Alpito    •    19 Oktober 2017 11:12 WIB
festival musik
Reyog Jazz Ponorogo Meleburkan Jazz, Panorama, dan Reog
(Foto: IST)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah festival musik yang mengusung nama jazz kembali lahir. Adalah Reyog Jazz Ponorogo, yang baru akan digelar untuk pertama kali pada 20-22 Oktober 2017 di kawasan Telaga Ngebel.

Acara ini terbuka untuk umum tanpa pungutan biaya alias gratis.

“Reyog Jazz Ponorogo merupakan sebuah ikhtiar memperkenalkan Ponorogo lewat keelokan jazz berpadu keindahan telaga di atas bukit. Meletakan posisi kota Reyog ini dalam agenda para pelancong karena dijadwalkan secara tahunan,” ujar Bupati Ponorogo, Drs. H Ipong Muchlissoni, seperti tertulis dalam keterangan pers.

Acara Reyog Jazz Ponorogo 2017 menyuguhkan penampilan dari Tompi bersama Nita Aartsen Quintet yang terdiri dari Gustu Brahmanta (drummer), Doddy Sambodo (bassist), Afan Latanette (perkusif) dan trumpeter asal Perancis, Jean-Sebastien.

Bintang utama festival ini adalah grup musik Bintang Indrianto yang dipimpin langsung oleh Bintang Indrianto dengan melibatkan Denny Chasmala (gitaris), M. Iqbal (drummer), Ronald Lisan (gendang), Sofie (flute), Madun (gendang) dan Eugen Bounty (klarinet/saksofon). Mereka akan tampil berkolaborasi dengan pemusik Reyog Ponorogo.

Sebuah proyek kolaborasi antara Ponorogo-KualaLumpur-Jakarta dan Samarinda juga akan tampil. Mereka adalah penyanyi Diana Liu (Malaysia) yang akan tampil bersama Udin Jazz Peacocks feat Adi Darmawan (bass) dan Tiwi Shakuhachi (keyboard/akordeon) yang dipimpin Syaefuddin Dimyati (drums). Tampil pula aransemen music Reyog yang akan dikombinasikan oleh gitaris

pentolan YK Band, yaitu Yusuf Koen dalam proyek bertajuk “Reyog Jazz." Rencananya Jazz dan Slompret akan saling merespons dalam proyek ini.

Tampil pula komunitas Jazz tuan rumah dari Ponorogo yaitu dua grup Mrs. Holdingsky & The Apprentice - Jazzthilan Community (Ponorogo) yang didampingi komunitas dari Jawa Tengah dan Jawa Timur yang terdiri dari Ngalam Jazz Community (Malang), Sojazz Society (Solo), Jazz Mben Senen (Yogyakarta) dan Fusion Jazz Community (Surabaya).

Selain musisi dalam negeri, festival ini juga menampilkan musisi dari luar negeri, yaitu Ravish Monin (perkusi) darn Richard Keyser (trombone/synth) yang tergabung dalam Electronic Duo: Tarana yang berasal dari New York, Amerika Serikat.

 


(DEV)

Cinta 99% Dea Dalila

Cinta 99% Dea Dalila

3 days Ago

Di momen yang tepat dan didukung tekad yang kuat, Dea memberanikan diri. Dia resmi memutuskan k…

BERITA LAINNYA