Gitar Ikonik Bob Dylan Dilelang

Agustinus Shindu Alpito    •    26 Oktober 2017 11:46 WIB
bob dylan
Gitar Ikonik Bob Dylan Dilelang
Bob Dylan menempati posisi kedua setelah The Beatles, dalam daftar Greatest Artists of All Time versi majalah Rolling Stones (Foto: via Getty Images)

Metrotvnews.com, Los Angeles: Sebuah gitar yang pernah digunakan Bob Dylan untuk konser di era 1970-an dilelang. Gitar itu diperkirakan akan terjual dengan harga lebih dari USD300 ribu.

Gitar Martin D-28 keluaran 1963 itu akan dilelang pada 11 November di Dallas. Menurut penyelenggara lelang, Heritage Auctions, gitar itu juga digunakan Dylan dalam Concert for Bangladesh yang digagas George Harrison di New York pada 1971. Juga dalam tur Rolling Thunder Revue, pada Oktober 1975 hingga Mei 1976.

Gitar itu saat ini dimiliki oleh Larry Cragg, seorang tukang reparasi gitar langganan Dylan. Cragg membeli gitar itu dari Dylan pada tahun 1977. Struk asli pembelian gitar itu masih tersimpan dengan baik, dengan harga yang tercantum sebesar USD500.
 
Sejak di tangan Cragg, gitar itu tidak pernah dimainkan. Namun, Cragg sangat merawat gitar itu dengan menjaga kelembaban dan temperatur ruang penyimpanan.

“Gitar ini masih dengan bridge pin asli, segala sesuatunya masih sama dengan pertama kali saya memilikinya, wadah yang sama dan semuanya masih sama seperti 40 tahun lalu,” kata Cragg, seperti dilansir dari Billboard, Kamis (26/10/2017).

Cragg bukan tukang reparasi sembarangan, dia telah lama mereparasi dan menjadi teknisi untuk instrumen gitar milik Bruce Springsteen, Carlos Santana, Jefferson Airplane dan Prince.

Ini bukan satu-satunya gitar Dylan yang masuk pasar lelang. Pada 2013, gitar Fender Stratocaster yang digunakan Dylan pada Newport Folk Festival 1965 terjual nyaris USD1 juta dalam acara lelang di New York. Gitar Stratocaster itu dijual oleh sebuah keluarga dari New Jersey yang menyimpan barang bersejarah itu selama hampir 50 tahun, setelah Dylan meninggalkan gitar itu di pesawat pribadi.




(DEV)

Danilla, Bayangan atas Sakratulmaut dan Merayakan Kegamangan Hidup

Danilla, Bayangan atas Sakratulmaut dan Merayakan Kegamangan Hidup

17 minutes Ago

Danilla merengkuh segala yang bisa dilakukan oleh seorang penyanyi pendatang baru. Mulai dari m…

BERITA LAINNYA