Pengalaman Vincent jadi Kolektor Piringan Hitam

Agustinus Shindu Alpito    •    13 April 2017 11:52 WIB
musik
Pengalaman Vincent jadi Kolektor Piringan Hitam
(Foto: Instagram)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan personel Clubeighties, Vincent Ryan Rompies, memiliki hobi mengumpulkan piringan hitam atau vinyl. Hobi ini sudah ditekuni Vincent sejak enam tahun lalu.

Kini koleksi Vincent telah mencapai ratusan plat.

“Karena hobi ini masih berkaitan dengan musik, sesuai dengan hidup gue. Gue tumbuh dari musik. Ketika gue kenal yang namanya vinyl, gue seperti dibuka jiwanya, seperti merasa ini yang selama ini gue cari,” kata Vincent dalam bedah buku #GILAVINYL di toko buku Aksara, Jakarta Selatan, pada Rabu (12/4/2017).

Vincent juga menceritakan bahwa hobi ini membuat dunianya seolah teralihkan. Dia memberi contoh ketika berlibur ke Jepang bersama keluarga, Vincent justru lebih banyak menghabiskan waktu di toko piringan hitam daripada mengunjungi tempat-tempat wisata bersama keluarga.

“Ini (mendengarkan piringan hitam) rasanya seperti mendengarkan musik sebenarnya. Gue enggak pernah mendapatkan sensasi seperti itu. Lebih spesifik secara sound,” kata pria yang saat ini berprofesi sebagai pembawa acara televisi itu.

Vincent cenderung mengumpulkan piringan hitam musik Indonesia. Hal itu bukan dilakukan tanpa alasan.

“40 persen koleksi saya rilisan Indonesia. Banyak orang Jepang dan luar negeri datang ke sini beli vinyl Indonesia. Akhirnya saya banyak mengumpulkan vinyl Indonesia, sayang kalau rilisan Indonesia justru dimiliki orang asing. Salah satu yang berharga buat gue, piringan hitam Iwan Fals.”

Meski termasuk penggila piringan hitam, Vincent berusaha realistis dalam mengeluarkan uang untuk menambah koleksinya.

 


(DEV)