Mocca Gandeng Mondo Gascaro Sebagai Produser Album Baru

Agustinus Shindu Alpito    •    28 Desember 2017 11:14 WIB
mocca band
Mocca Gandeng Mondo Gascaro Sebagai Produser Album Baru
Mocca akan merilis album baru pada Februari 2018. (Foto: Agustinus Shindu Alpito)

Jakarta: Mocca akan merilis album baru pada Februari 2018. Belum banyak yang dapat dibocorkan dari proyek itu, selain keterlibatan Mondo Gascaro sebagai produser. Hal itu diungkapkan para personel Mocca saat ditemui dalam peluncuran album Happy Aldin feat. Mocca di sebuah kafe yang terletak di Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Dalam wawancara singkat dengan Medcom.id, tersurat bagaimana Mocca saat ini berupaya keluar dari zona nyaman dan menantang diri membuat karya yang lebih ringkas namun mendalam.

“Mocca itu pengin setiap album memberi petualangan berbeda, kami berusaha keluar dari zona nyaman. Karena kalau band yang berada di zona nyaman susah berkembang, kami mencoba mendobrak itu,” ujar gitaris Mocca, Riko Prayitno.

Melibatkan produser Mondo Gascaro adalah bagian dari keluar dari zona nyaman dan mencoba sesuatu yang baru. Mengingat mereka sempat melakukan eksplorasi yang liar pada album-album sebelumnya, untuk itu pada album baru ini mereka ingin segala sesuatunya lebih terkendali.

“Kami harus ngerem juga, karena Mondo juga memberikan ide-ide yang luas. Akhirnya dia membaca keinginan kami kalau memang ingin menahan,” kata drummer Indra.

Selama hampir dua dekade sejak awal terbentuk, Mocca telah merilis empat album studio. Terakhir kali mereka merilis album studio pada 2014, bertajuk Home. Mocca bukan hanya populer di Indonesia, tetapi juga dikenal luas di Korea Selatan. Di Negeri Gingseng itu, lagu-lagu Mocca sempat dijadikan latar lagu iklan televisi dan diajarkan kepada para siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris.

Dengan segala pengalaman dan kematangan, Mocca justru ingin lebih bijaksana dalam mengemas karya musik mereka. Tidak lagi mengedepankan ego pembuktian dengan segala keinginan yang tak terkendali.

“Bocorannya album kami lebih dewasa dari segi bermusik. At least buat kami sendiri, kami sudah pernah bikin yang sangat band dan sekarang kami menahan. Itu sangat amat susah. Porsinya sudah kami tentukan dan kami harus cukup dengan itu,” lanjut Riko.

Hal senada juga dikatakan oleh Arina, sang vokalis, “Karena kalau mendengar album kemarin selalu penuh ornamen, batasnya merekam musik yang bisa kami mainkan secara live. Minimalis tapi padat. Karena Mocca sering dibilang live sama rekaman sama, kami tidak ingin membuat penonton kecewa juga karena musik yang ada pada rekaman tidak bisa dibawakan secara live.”

Kolaborasi produksi dengan Mocca tentu akan membuat album ini kian menarik, terlebih melihat jejak rekam Mondo dan Mocca itu sendiri.Bagi Mondo sendiri, Mocca bukan satu-satunya band yang ditangani dengan posisi jabatan produser. Sebelumnya, Mondo memproduseri album Dunia Batas dari Payung Teduh dan Morning Sugar dari Ayushita. Juga termasuk terlibat sebagai produser dalam beberapa nomor pada album Angin Kencang dari Noh Salleh (Malaysia).

 


(DEV)

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

4 days Ago

Log memastikan bahwa dalam waktu dekat, dia akan pensiun total dari bisnis pagelaran musik, ter…

BERITA LAINNYA