Kontes Senandung Lagu Nusantara Ajak Publik Nyanyikan Lagu Folk

Purba Wirastama    •    28 Maret 2018 07:00 WIB
musik indonesia
Kontes Senandung Lagu Nusantara Ajak Publik Nyanyikan Lagu Folk
Senandung Lagu Nusantara RCI (dok Rumah Cinta Indonesia)

Jakarta: Komunitas Rumah Cinta Indonesia (RCI) Jakarta mengadakan kontes menyanyikan lagu-lagu folk atau daerah yang dibuka untuk umum. Seleksi awal kontes telah ditutup dan 20 peserta terpilih akan tampil secara langsung di panggung kawasan Kota Tua Jakarta pada Sabtu, 31 Maret 2018.

Kontes ini diberi nama Senandung Lagu Nusantara. Salah satu misinya adalah meningkatkan kesadaran publik terhadap keberadaan lagu-lagu daerah dari seluruh penjuru kepulauan Indonesia. Kontes ini juga digelar dalam momentum Hari Musik Nasional pada 9 Maret lalu.

"Lagu-lagu daerah Indonesia lebih bersifat abadi dan tak lekang oleh waktu, dan banyak yang liriknya menceritakan budaya Nusantara dan kecintaan akan tanah air Indonesia," tulis pernyataan resmi pihak RCI.

Para peserta kontes menyanyi ini adalah grup beranggotakan empat sampai 10 orang dengan formasi instrumen akustik. Mereka menyanyikan masing-masing tiga lagu. Lagu yang pertama adalah Tanase yang berbahasa Ambon. Lalu dua lagu berikutnya adalah lagu daerah Indonesia pilihan setiap grup peserta.

20 grup peserta ini akan diseleksi lagi menjadi 10 finalis. Babak final akan digelar terbuka di lokasi yang sama, tepatnya pelataran Museum Bank Indonesia, pada Minggu, 1 April. Gelaran panggung dua hari ini akan dimulai pukul 10.00 WIB hingga sore. Pihak penyelenggara menargetkan kawasan museum sekitar panggung akan dikunjungi sekitar 2.000-3.000 pengunjung pada akhir pekan.



 


(ELG)

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

1 week Ago

Log memastikan bahwa dalam waktu dekat, dia akan pensiun total dari bisnis pagelaran musik, ter…

BERITA LAINNYA