Pihak Radiohead Sangkal Telah Menuntut Lana Del Rey

Cecylia Rura    •    10 Januari 2018 11:16 WIB
Pihak Radiohead Sangkal Telah Menuntut Lana Del Rey
Radiohead (Foto: Grammy.com)

Jakarta: Belum lama ini musisi Lana Del Rey mengaku dituntut oleh Radiohead karena diduga telah melakukan plagiarisme. Singel Get Free dalam album terbarunya Lust for Life dituding telah menjiplak elemen lagu dari singel Creep milik Radiohead yang dirilis tahun 90-an.

Namun ternyata, kabar tersebut tak sepenuhnya benar. Pihak Radiohead belum melakukan tuntutan hukum terkait plagiarisme yang diduga dilakukan oleh penyanyi asal Amerika tersebut. Hal ini disampaikan oleh penerbit musik Radiohead Warner/Chappell dalam sebuah pernyataan tertulis.

Dalam pernyataan tersebut, pihak penerbit musik Radiohead Warner/Chappell membenarkan adanya persamaan elemen musik pada lagu Get Free karya Lana Del Rey dan Creep milik Radiohead. Mereka pun sempat melakukan diskusi bersama perwakilan dari pihak Lana Del Rey untuk mendiskusikan hal tersebut. Pihak Radiohead meminta agar penulis lagu Creep diakui, namun belum ada tuntutan hukum terkait tindakan plagiarisme. Dalam pernyataan tersebut pihak Warner/Chappell pun menyatakan Radiohead tidak pernah mengatakan hanya akan menerima royalti 100 persen dari singel Get Free.

Sementara itu sebelumnya musisi yang tenar lewat video musik Video Games tersebut mengeluarkan cuitan di Twitter terkait dirinya yang dituntut memberikan royalti penuh kepada pihak Radiohead. Pada malam konser, Lana bahkan sempat mengatakan pada para penonton jika tuntutan yang dilayangkan padanya dapat menyebabkan singel Get Free dihapus dari album Lust for Life.

Berikut pernyataan lengkap pengorbit musik Radiohead Warner/Chappell kepada situs berita musik Pitchfork:

“Sebagai publisis musik Radiohead, memang benar kami telah berdiskusi sejak Agustus tahun lalu dengan perwakilan Lana Del Rey. Sudah jelas bahwa verses lagu Get Free menggunakan elemen musikal yang ditemukan pada verses Creep dan kami telah meminta seluruh penulis lagu Creep ditulis dalam kredit (Get Free). Agar tak menghambat perilisan album itu, tidak ada tuntutan hukum yang kami ajukan dan Radiohead tidak mengatakan “hanya mau menerima (kesepakatan) 100% royalti” dari publikasi lagu Get Free.


(ASA)

Nyawa Lain Yon Koeswoyo

Nyawa Lain Yon Koeswoyo

4 days Ago

Yon dan Koes Plus meninggalkan segudang warisan bagi generasi setelah mereka. Semasa jayanya, K…

BERITA LAINNYA