Radiohead Gugat Lana Del Rey Karena Dianggap Melakukan Plagiarisme

Cecylia Rura    •    09 Januari 2018 09:18 WIB
Radiohead Gugat Lana Del Rey Karena Dianggap Melakukan Plagiarisme
Lana Del Rey (Foto: People.com)

London: Kasus gugatan atas kepemilikan konten lagu kembali mencuat. Kali ini, bintang pop star Lana Del Rey bersitegang dengan band asal Oxfordshire, Radiohead. Penyanyi yang baru saja menelurkan album Lust for Life pada Juli 2017 lalu digugat karena singel Get Free dalam albumnya tersebut disebutkan telah menjiplak konten dan aransemen lagu dari singel Creep milik Radiohead yang dirilis pada 1993.

Rumor tersebut sudah sejak sepekan lalu diangkat ke ranah publik. Melalui akun Twitter pribadinya, penyanyi bernama asli Elizabeth Woolridge Grant tersebut membenarkan kabar gugatan yang dilakukan Readiohead terhadapnya.

Diberitakan oleh BBC, Lana telah menawarkan sejumlah 40 persen royalti penerbitan. Namun pengacara bersikeras menginginkan royalti sepenuhnya.

"Meski aku tahu laguku tidak terinspirasi dari Creep, Radiohead merasa sebaliknya dan menginginkan royalti utuh dari penerbitan," bunyi cuitan Lana yang diunggah di akun Twitter pribadinya.

"Aku menawarkan 40 persen royalti beberapa bulan lalu namun mereka hanya bisa menerima jika dibayarkan 100 persen. Pengacara mereka sangat bersikeras terhadap kasus ini, nanti kami akan bertemu di pengadilan."

Kasus gugatan tersebut bahkan diumumkan oleh Lana dalam sebuah aksi panggung di Denver pada Minggu malam lalu. Ia mengatakan kepada para penggemar, apapun yang terjadi di pengadilan ia akan tetap menyampaikan isi pesan lagu besutannya tersebut dan mengabaikan segala hal negatif, lebih menyuarakan hal-hal positif.

"Situasi buruk yang sedang aku alami dan kutulis, aku sedang memperjuangkannya, meski nantinya rekaman lagu tersebut tidak akan dirilis dalam bentuk fisik," ungkap Lana.

Musikus asal Kanada Owen Pallett menilai tuduhan yang dilakukan Radiohead kemungkinan besar berdasarkan pada pengembangan chord yang dilakukan di tiap bait pada lagu. Namun, ia juga menggarisbawahi kasus ini bukan menjadi kesimpulan dari tindakan Radiohead yang "duduk-duduk" saja dan merasa terganggu karena lagunya dijiplak, melainkan ini adalah bagian tugas dari para pengacara mereka.

Yang menarik, Radiohead pernah digugat oleh The Hollies karena singel Creep mereka dituduh menjiplak The Air That I Breathe. Albert Hammond dan Mike Hazlewood kini tercatat sebagai co-writers untuk lagu tersebut dan berbagi royalti dengan Radiohead.

Radiohead hingga kini dikabarkan belum menanggapi klaim yang diajukan Lana Del Rey. 

Masalah hak cipta belakangan memang sering mencuat. Baru-baru ini penyanyi Ed Sheeran menghadiri sidang di pengadilan bersama sepasang penulis lagu. Ditemukan persamaan atas singel Photograph miliknya dengan singel Amazing dari jawara kontes bakat X Factor Matt Cardle.

Mark Ronson dan Bruno Mars juga pernah mengalami kasus serupa. Mereka kini menambahkan nama penulis lagu Ooops Upside Your Head yang dibawakan The Gap Band ke dalam daftar kredit singel Uptown Funk. Sementara itu, ada juga Tom Petty dan Jeff Lynne yang kemudian diberi status baru sebagai co-writer dalam singel Stay With Me yang dibawakan Sam Smith pada 2014.

Beberapa tahun lalu, masalah yang sama menimpa Robin Thicke dan Pharrell William yang berhasil digugat Marvin Gaye atas kasus hak cipta senilai USD7,4 juta atau sekitar Rp99 miliar, setelah dewan juri memutuskan bahwa singel Blurred Lines menjiplak lagu Marvin Gaye, Got to Give It Up.


(ASA)

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

Akhir Perjalanan Raja Festival Rock Log Zhelebour

6 days Ago

Log memastikan bahwa dalam waktu dekat, dia akan pensiun total dari bisnis pagelaran musik, ter…

BERITA LAINNYA