Pentolan Band yang Tetap Melegenda meski Bersolo Karier

Cecylia Rura    •    07 November 2017 18:37 WIB
musikmichael jacksonjohn lennonphil collins
Pentolan Band yang Tetap Melegenda meski Bersolo Karier
Freddie Mercury - Michael Jackson (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sesukses apapun sebuah grup musik, pasti ada waktu di mana mereka merasa jenuh untuk selalu bersama. Sebagai contoh, beberapa band rock maupun grup band bergenre rap acap kali diberitakan bubar atau salah seorang anggota memutuskan untuk mundur dan bersolo karier.

Tak jarang, karier mereka yang bersolo karier justru lebih baik. Namanya justru semakin dikenal ketika mampu menngekspresikan warna musiknya sendiri.

Mengutip dari laman Ranker, inilah kelima musisi yang memutuskan bersolo karier hingga menjadi penggiat musik legendaris.

1. Paul Simon

Paul Simon (Foto: via bbc)

Pria bernama lengkap Paul Frederic Simon ini merupakan musisi asal Amerika. Selain bermusik, Simon juga menekuni profesi aktor, penyanyi dan penulis lagu.

Debutnya terjun ke dunia musik bermula ketika ia bekerjasama dengan Art Garfunkel membentuk grup duo Simon & Garfunkel. Grup musik tersebut dibentuk pada 1964.

Simon bertanggung jawab atas penulisan lagu, di antaranya yang sempat berada pada posisi teratas dalam daftar U.S. Charts yakni The Sound of Silence, Mrs. Robinson, dan Bridge Over Troubled Water.

Pada tahun 1970, band ini bubar tepat di masa jaya mereka. Setelah bubar, Simon yang memulai solo karier sebagai gitaris dan penulis lagu sukses melambungkan namanya dengan menelurkan beberapa album dalam waktu lima tahun.


2. Michael Jackson

Michael Jackson (Foto: gettyimages)

Meski telah tiada, nama Michael Jackson tetap didengungkan oleh beberapa penggiat musik. Penyanyi dengan sebutan MJ tersebut tak hanya piawai bernyanyi namun juga menulis lagu dan berdansa.

Sebelum namanya melegenda, MJ tergabung dalam grup Jackson 5. Ia bersama keempat kakaknya, Jackie, Tito, Jermaine, dan Marlon memulai debut pertama mereka pada 1964. Sementara MJ benar-benar memulai karier solonya pada 1971 bersama dengan Motown Records.


3. John Lennon

John Lennon (Foto: gettyimages)

John Winston Ono Lennon merupakan musisi berdarah Inggris yang juga dikenal sebagai seorang aktivis. Di awal karirnya bermusik, Lennon tergabung dalam grup The Beatles bersama Paul McCartney, Ringo Starr, dan George Harrison. Grup musik The Beatles hingga kini masih sangat berpengaruh dalam dunia musik.

Nama The Beatles merupakan evolusi dari band pertama Lennon, The Quarrymen yang akhirnya berganti nama pada 1960.

Setelah The Beatles bubar pada 1970, Lennon memulai solo kariernya dengan singel Imagine yang hingga kini masih didengungkan oleh beberapa musisi muda.

4. Freddie Mercury

Freddie Mercury (Foto: rollingstone)

Freddie adalah musisi kelahiran Tanzania yang memulai kariernya sebagai vokalis sekaligus pendiri band rock Queen yang terbentuk pada 1970. Pembawaan Freddie yang flamboyan membuatnya mudah dikenali dan memberikan pesona khusus bagi penikmat musik Queen. Beberapa singel yang ditulisnya untuk Queen sempat meraih kesuksesan di antaranya Bohemian Rhapsody, Killer Queen, Somebody to Love, Don't Stop Me Now, Crazy Little Thing Called Love, dan We Are the Champions.

Queen memang tidak bubar saat itu, namun sembari melebarkan sayap Queen, Freddie juga memulai solo kariernya. Tak jarang ia juga menjadi produser sekaligus musisi tamu bagi beberapa seniman.

5. Phil Collins

Phil Collins (Foto: via abc)

Collins memulai kariernya di dunia musik sebagai penggebuk drum sekaligus lead singer untuk band rock Genesis. Selain itu, ia juga mendedikasikan dirinya sebagai solo artis.

Pada rentan tahun 1983-1990, tiga singel lagu di UK dan tujuh di Amerika yang semuanya merajai tangga lagu sepanjang ia bersolo karier.

Singel pertamanya yang paling sukses pada masa itu di antaranya In the Air Tonight, Against All Odds, One More Night, Sussudio, dan Another Day in Paradise.


 


(ELG)

Cinta 99% Dea Dalila

Cinta 99% Dea Dalila

3 days Ago

Di momen yang tepat dan didukung tekad yang kuat, Dea memberanikan diri. Dia resmi memutuskan k…

BERITA LAINNYA