4 Lagu Indonesia Bertema Bulan Desember

Agustinus Shindu Alpito    •    01 Desember 2017 19:53 WIB
musik
4 Lagu Indonesia Bertema Bulan Desember
Video musik Desember miliki Efek Rumah Kaca (Foto: Youtube)

Jakarta: Bicara bulan Desember tidak lepas dari momen Natal dan perayaan tahun baru. Bulan di akhir tahun ini juga memiliki daya tarik tersendiri yang menginspirasi sejumlah musisi Indonesia untuk melahirkan lagu dengan tema Desember.

Setidaknya ada empat lagu Indonesia yang terang-terangan menggunakan nama Desember dalam judul dan lirik.

1. Desember - Efek Rumah Kaca



“Aku selalu suka sehabis hujan di bulan Desember,” begitulah bunyi lagu Desember dari Efek Rumah Kaca. Lagu teduh ini selalu sukses memancing penonton untuk bernyanyi bersama setiap dibawakan. Desember berasal dari album debut Efek Rumah Kaca yang dirilis pada 2007. Menariknya, album ini ditempatkan pada urutan ke-12 dalam susunan lagu, sesuai urutan Desember dalam tiap tahun. Desember ditulis oleh vokalis Cholil dan mantan bassist Efek Rumah Kaca, Adrian Yunan.

2. Desember - Koes Plus



Koes Plus adalah salah satu grup musik yang memiliki katalog lagu dengan latar belakang yang sangat beragam, termasuk soal nama bulan. Lagu Desember dirilis Koes Plus dalam album Volume 8, pada 1973. Lagu ini menjadi salah satu lagu bertema Desember paling tua dalam industri musik populer di Indonesia.

3. Desember Kelabu - Maharani Kahar



Nampaknya bulan Desember tidak terpisahkan dengan nuansa melankolis. Desember Kelabu dirilis oleh Maharani Kahar pada 1982. Lagu ini kemudian dibawakan ulang oleh Yuni Shara pada 1997. Secara garis besar, Desember Kelabu menceritakan penantian yang tak kunjung terwujud sesuai harapan. Desember Kelabu ditulis oleh musisi yang memiliki andil besar dalam dunia musik pop era 1980-an, Aloysius Riyanto.

Aloysius Riyanto kerap ditulis A. Riyanto, namanya tersebar dalam berbagai album pop dekade 1980-an, dia banyak menciptakan lagu untuk Favourite Group, Tetty Kadi, Grace Simon dan Rafika Duri.


4. Badai di Bulan Desember - AKA



Ini adalah lagu dari grup rock legendaris AKA alias Apotek Kali Asin. Badai Bulan Desember ditulis oleh vokalis ikonik AKA, Ucok Harahap, dan masuk dalam album Sky Rider yang dirilis pada 1973. Lagu ini begitu populer di kalangan penggemar musik rock Indonesia. Faktanya,  Ucok meninggal juga pada bulan Desember, tepatnya pada 3 Desember 2009, seolah menggenapi karya yang pernah diciptakannya.


 


(ELG)