Senyawa Berkolaborasi dengan Bon Iver

Agustinus Shindu Alpito    •    07 Oktober 2016 17:45 WIB
musik indonesia
Senyawa Berkolaborasi dengan Bon Iver
Senyawa Berkolaborasi dengan Bon Iver (Foto: dok. twitter Senyawa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Duo asal Yogyakarta, Senyawa, tampil berkolaborasi dengan Bon Iver, The National, dan Mouse On Mars dalam acara Michelberger Music Festival (Jerman). Kolaborasi menarik itu terekam dalam sebuah foto yang diunggah lewat akun Twitter Senyawa.

Penampilan Senyawa di Michelberger Music Festival 2016 merupakan bagian dari lawatan ke Eropa. Dilansir dari Facebook resmi Senyawa, pada bulan September dan Oktober tahun ini mereka telah memiliki 11 jadwal terkonfirmasi untuk tampil di sejumlah negara Eropa, mulai dari Prancis, Hongaria, Italia, Inggris, Jerman, Belanda, Belgia, dan Polandia. Di Polandia, Senyawa tampil dua kali, salah satunya menjadi grup musik pembuka penampilan grup hip-hop eksperimental, Death Grips.

Pada Agustus lalu, Senyawa juga menggelar tur luar negeri. Sasaran mereka waktu itu adalah Amerika Serikat. Mereka tampil di enam acara di berbagai negara bagian, mulai dari Washington, New York, hingga California.

Senyawa memang memiliki hubungan baik dengan Justin Vernon dari Bon Iver. Vernon mengaku kagum dengan musikalitas Senyawa, sehingga dia mengajak duo yang terdiri dari Rully Shabara dan Wukur Suryadi itu untuk tampil di festival musik Eaux Claires, pada pertengahan Agustus lalu. Vernon merupakan kurator dari festival tersebut.

"Saya sedang di Berlin, istirahat dari malam yang melelahkan, saya tinggal di Michelberger Hotel, mereka punya saluran televisi yang sudah dikurasi. Saya menonton film Vincent Moon, film yang menyuguhkan penampilan musisi, dalam kurun 30 menit, Senyawa memainkan musik mereka. Saya belum pernah punya pengalaman musikal seperti itu, melihat sesuatu yang belum pernah saya dengar sebelumnya dan langsung berdesir," kata Vernon soal pengalaman pertamanya mendengar musik Senyawa.

"Mereka (Senyawa) adalah contoh sempurna soal gagasan, bahwa orang (penonton Eaux Claires) harus merasakan hal sama, dan saya langsung berkata, ‘Oh Senyawa, saya akan memboyong mereka.' Melihat apa yang mereka lakukan, saya sangat bersemangat," lanjutnya.

Michelberger Music Festival merupakan festival musik yang digelar di dalam ruangan. Festival ini menghadirkan grup musik dan penyanyi lintas genre dari seluruh dunia.




(ELG)