Album Terbaru Ariana Grande Pecahkan Rekor Streaming

Purba Wirastama    •    18 Februari 2019 09:47 WIB
ariana grande
Album Terbaru Ariana Grande Pecahkan Rekor Streaming
Ariana Grande (Foto: Billboard)

California: Album terbaru Ariana Grande, Thank U, Next, menjadi album mingguan terlaris di AS dalam pekan pertama setelah dirilis pada 8 Februari 2019. Album ini juga memecahkan rekor streaming mingguan untuk album pop dan album dari artis wanita. 

Menurut Billboard dan Nielsen Music, jumlah penjualan album Thank You, Next selama sepekan pertama di AS setara dengan 360 ribu unit. Sebanyak 116 ribu unit berasal dari penjualan album secara tradisional. Lalu sebanyak 228 ribu unit berasal dari konversi jumlah streaming. Sisanya adalah konversi jumlah penjualan lagu satuan. 

Ini menjadi album keempat Ariana yang mencapai rekor terlaris mingguan sejak Yours Truly (2013). Albumnya sebelum ini, Sweetener, dirilis pada 17 Agustus 2018 dan langsung menembus rekor penjualan mingguan AS pada pekan pertama. 

Untuk streaming di AS, album Thank You, Next mencapai jumlah mingguan 228 ribu unit. Jika dikonversi menurut Nielsen Music dan Billboard, angka ini setara 307 juta streaming. 

Capaian itu membuat Thank You, Next menjadi album pop dengan lagu yang paling banyak diputar lewat streaming selama sepekan dan masuk rekor 20 besar sepanjang masa. Album ini menjadi satu-satunya dari 20 album streaming mingguan terlaris yang bukan hip-hop. 

Jika dibandingkan dengan album pop saja, Thank You, Next menembus rekor streaming pekan pertama di AS, yang sebelumnya dipegang Ed Sheeran lewat Divide dengan 126,7 juta streaming lagu. Album ini juga menembus rekor streaming mingguan dari artis perempuan di AS, yang sebelumnya dipegang Cardi B lewat Invasion of Privacy dengan 202,6 juta streaming lagu.

 


(ASA)