20 Grup Musik & Ekskul SMA Ramaikan Pucuk Cool Jam Festival 2018 di Taman Menteng Akhir Pekan Ini

Purba Wirastama    •    18 April 2018 16:38 WIB
agenda musik
20 Grup Musik & Ekskul SMA Ramaikan Pucuk Cool Jam Festival 2018 di Taman Menteng Akhir Pekan Ini
Jumpa pers Pucuk Cool Jam Festival (Foto: Medcom/Purba)

Jakarta: Pucuk Cool Jam Festival kembali digelar untuk kedua kalinya tahun ini. Sebanyak 10 grup musik dan 10 grup ekstrakurikuler seni SMA akan tampil di Taman Menteng Jakarta pada Sabtu 21 April 2018.

20 grup finalis ini terpilih lewat rangkaian seleksi dan roadshow yang digelar di 40 SMA/SMK Jabodetabek, Bandung, dan Cirebon. Dalam penampilan akhir pekan nanti, mereka akan beradu kebolehan untuk menjadi pemenang. Penampilan dari grup ekskul adalah ragam tarian mulai dari tradisional hingga modern.

Pemenang utama dari tiap kategori, selain hadiah uang tunai, juga akan mendapat kesempatan berkolaborasi bersama musisi Abeng Alter dan sutradara Aji Yudistira dalam proyek lagu dan video musik dari Teh Pucuk Harum. Kemudian satu grup musik pemenang juga akan mendapat bimbingan rekaman studio profesional oleh SAE Institute.

Tiga juri untuk grup musik adalah Adri Prakarsa (NEV+), Satrio Pratomo (SAE Institute), serta musisi Zuhirman Abdillah (musisi dan A&R Universal Music Indonesia). Lalu untuk penampilan ekskul, pakar seni penampilan Evelyn Kurniadi akan menjuri.

Selain para kontestan, sejumlah musisi dan grup lokal juga aman tampil dalam acara puncak ini. Ada HIVI!, Yura Yunita, Diskopantera, RamenGvrl, dan Maliq & D'Essentials.

Penampilan mereka akan didukung suguhan dekorasi visual dari sejumlah komunitas seni kreatif, seperti Lapantigatiga, Popomangun, The Broy, Doodle Art, Depok Letters, Enigami Papers, I Light This, So.Toy, dan UVisual. Tak hanya untuk panggung, mereka juga akan 'menyulap' Taman Menteng petang nanti dalam balutan gemerlap seni visual.

Edisi perdana Pucuk Cool Jam Festival digelar pada 2017. Festival musik dan seni ini hendak memberikan panggung kesempatan bagi anak muda SMA unjuk gigi di publik. Erick Harijanto, manajer pemasaran Pucuk Harum, mengatakan tidak menutup kemungkinan mereka akan merilis album kompilasi musik karya para finalis dalam edisi Pucuk Cool Jam berikutnya.


 


(ELG)