Baju Bernoda Darah John Lennon Laku Rp547 Juta

Agustinus Shindu Alpito    •    28 Juni 2016 13:17 WIB
john lennon
Baju Bernoda Darah John Lennon Laku Rp547 Juta
(Foto: NME)

Metrotvnews.com, London: Sebuah baju dengan noda darah John Lennon terjual dalam lelang seharga 31 ribu poundsterling atau setara Rp547 juta.

Baju tersebut merupakan milik Jay Hastings, petugas gedung apartemen The Dakota, New York.

Pada 8 Desember 1980, ketika Lennon ditembak oleh Mark Chapman, Hastings sedang bertugas. Saat itu Hastings mencoba menyelamatkan Lennon, menutupi tubuh Lennon dengan jaket. Darah Lennon lantas menodai baju yang dikenakan Hastings pada bagian dada dan lengan.

Seperti diberitakan Daily Mirror, Hastings awalnya berencana untuk terus menyimpan baju itu. Tetapi dia tak kuasa untuk melelang dengan harapan awal terjual, setidaknya seharga 7 ribu poundsterling atau sekitar Rp123 juta.

"Selama bertahun-tahun Hastings menyimpan baju itu dan tidak pernah berbicara tentang baju itu.  Baju itu hanya disimpan di laci selama bertahun-tahun dan sekarang (Hastings) semakin tu, dan dia merasa ini waktu yang tepat untuk menjual baju itu," kata Garry Shrum dari pihak pelelang.

"Ada noda darah pada baju itu. Beberapa orang mungkin terkejut, tetapi itulah bagian dari sejarah. Kami telah bertanya pada diri sendiri, 'Apakah barang ini terlalu kelam untuk dijual, atau kami salah menjual ini?' lantas kami berpikir jawabannya adalah tidak. (Hastings) Tidak mengeksploitasi kematian John Lennon. Dia menceritakan kronologinya bagaimana dia mencoba menolong John Lennon di saat-saat terakhirnya."

Barang yang dilelang termasuk sebuah album Double Fantasy dengan tulisan tangan, "To Jay, Love John Lennon Yoko Ono."

Baju itu terjual kepada kolektor yang tidak ingin diketahui identitasnya.


(DEV)