Pengalaman Seorang Teknisi Rekaman Bekerjasama dengan Ringo Starr

Agustinus Shindu Alpito    •    02 Agustus 2017 18:27 WIB
ringo starr
Pengalaman Seorang Teknisi Rekaman Bekerjasama dengan Ringo Starr
Ringo Starr (Foto: wenn)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bekerjasama dengan musisi legendaris adalah kesempatan luar biasa bagi para teknisi rekaman. Bruce Sugar, salah satu yang beruntung. Dia sudah cukup lama bekerja dengan mantan personel The Beatles, Ringo Starr.

Melalui Billboard, Bruce menceritakan bagaimana pengalamannya bekerja dengan Ringo. Termasuk soal album baru Ringo yang juga melibatkan rekan The Beatles-nya, Paul McCartney.

“Ringo suka merencanakan hidupnya bertahun-tahun sebelumnya. Saya pikir dia pergi tur dan setelah itu dia kembali dan mulai melihat beberapa gagasan berbeda,” ungkap Bruce.

Bruce juga mengatakan berada di studio dengan Ringo harus bersikap natural.

“Dia sangat santai, terutama saat dimulai. Saya hanya datang ke studio di rumahnya. Dan kami menjajal beberapa synth yang berbeda dan mendatangkan beberapa teman dan melihat apakah mereka bisa mulai terlibat lebih lanjut lagi, seperti mencari ‘feel’ untuk apa yang ingin dia buat.”

McCartney terlibat dalam dua lagu di album terbaru Ringo, yaitu We’re On the Road Again, dan Show Me the Way. McCartney masuk di tengah-tengah proses pengerjaan album

“Mereka berdua ngobrol saat sama-sama berada di LA, Ringo mengajak dia, ‘Begini, saya sedang membuat album. Bisakah, kamu ikut main di sana?

 Dan Paul begitu terbuka. Dia datang ketika sedang libur pada hari Minggu. Dan dia juga bekerja keras. Dia memainkan lagu-lagu yang tidak mudah.”

Dalam lagu We’re On the Road Again, McCartney mengisi bagian vokal. Sementara pada lagu Show Me the Way dia mengisi bagian bass.

“Dia (McCartney) sangat rendah hati. Dia datang untuk membantu sahabatnya pada hari Minggu ketika dia libur. Apa lagi yang bisa Anda katakan?” Puji Bruce soal sosok McCartney.

Di dalam studio, Paul memainkan bagian bass yang cukup sulit. Uniknya, dia tidak peduli dengan catatan notasi yang ada. Dia punya notasi sendiri. Kemudian Bruce membicarakan hal itu dengan Ringo, “Saya enggak percaya dia enggak membaca notasinya.” Dan Ringo bilang, “Kami semua pengamen. Kami hanya bermain (musik) dengan mendengarkan.”

Album yang diberi judul Give More Love itu rencananya dirilis September mendatang. Album ini menjadi album yang berkesan bagi Bruce, sepanjang kerjasamanya dengan Ringo.

“Saya rasa, ini adalah karya musik terbaik yang pernah saya kerjakan bersama Ringo. Saya pikir ini album musikal terbaik yang kami kerjakan. Kita lihat saja apa yang akan terjadi,” tutup Bruce.

 


(ELG)

Radhini, Awal Menuju Jalan Panjang

Radhini, Awal Menuju Jalan Panjang

14 hours Ago

Perempuan 29 tahun itu mengawali debut karier sebagai penyanyi solo melalui singel Cinta Terbes…

BERITA LAINNYA