Sempat Tertunda, Album Instrumental Perdana Rama Widi Segera Dirilis

Elang Riki Yanuar    •    15 Agustus 2017 07:00 WIB
musik indonesia
Sempat Tertunda, Album Instrumental Perdana Rama Widi Segera Dirilis
Rama Widi (Foto: dok. pribadi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Penantian panjang Rama Widi tak lama lagi segera terwujud. Pemain harpa pria pertama di Indonesia ini akan merilis album solo instrumental perdananya pada Oktober 2017.

Album bertajuk Let the Music Play itu begitu spesial bagi musisi 31 tahun ini. Selain album solo perdana Rama, Let the Music Play menjadi pembuktian bagi dirinya jika musisi intrumental klasik juga bisa memiliki karya sendiri.

Rama tak mau setengah-setengah membuat album ini dengan banyak melakukan riset. Album ini bahkan harus tertunda hingga dua tahun karena Rama sering mengubah konsep di tengah jalan.

"Banyak berubah konsep sehingga tertunda terus. Aku riset dulu. Minta pendapat sama orang, katanya dianggap 'berat' kalau untuk di Indonesia. Album ini harus diterima sama orang Indonesia karena diluncurkannya di Indonesia. Makanya diubah lebih ke pop," kata Rama Widi saat berbincang dengan Metrotvnews di Jakarta.

Di album perdananya nanti, Rama memadukan instrumen harpa dengan musik jenis lain seperti pop, ballad hingga tekno. Dia menggandeng seorang penyanyi pop di sebuah lagu.

"Instrumen solonya cuma harpa, tapi ada orkestra. Aku akan menyanyi juga di salah satu lagu," ujarnya.

"Semua lagu ada ceritanya. Jadi tidak asal buat melodi. Ada cerita tentang kesedihan merantau ke Vienna, tentang aku bangkit ketika diragukan orang, tentang murid-murid aku juga ada," lanjutnya.

Proses rekaman dilakukan di Budapest dan Indonesia. Lewat album ini, Rama berharap musisi instrumental yang menghasilkan karya sendiri semakin banyak di Indonesia.

"Semoga dengan album ini orang lebih aware terhadap harpa. Harpa itu tidak hanya untuk musik klasik. Tapi bisa untuk segala jenis musik. Aku juga ingin dengan album ini memancing musisi instrumental klasik lain melakukan hal sama (punya album solo)," tutupnya.

Rama Widi selama ini lebih dikenal sebagai pemain harpa yang banyak tampil bersama orkestra ternama di dunia. Dia juga sering tampil bersama orkestra Tanah Air seperti Twilite Orchestra pimpinan Addie MS dan Jakarta Chamber Orchestra.

 


(ELG)

Cinta 99% Dea Dalila

Cinta 99% Dea Dalila

6 days Ago

Di momen yang tepat dan didukung tekad yang kuat, Dea memberanikan diri. Dia resmi memutuskan k…

BERITA LAINNYA