Karya Bob Dylan akan Diarsipkan dalam Museum

Cecylia Rura    •    30 Juni 2018 19:00 WIB
bob dylan
Karya Bob Dylan akan Diarsipkan dalam Museum
Bob Dylan (Foto: wenn)

Jakarta: Musisi Bob Dylan mendapat perhatian khusus dari perusahaan arsitektur asal Seattle bernama Olson Kundig. Pihak Olson Kundig mengajukan proposal untuk museum yang khusus menampilkan karya beserta koleksi musisi asal Amerika tersebut dalam sebuah kompetisi.

Proyek ini bermula ketika Olson Kundig terpilih dalam sebuah kompetisi proyek internasional yang digagas George Kaiser Family Foundation (GKFF). Olson Kundig bergerak sebagai arsitek utama untuk proyek yang dinamakan The Bob Dylan Center itu.

Pihak University of Tulsa dibantu GKFF memfasilitasi perolehan koleksi Bob Dylan yang pada 2016 mencapai hingga 6 ribu koleksi. Olson Kundig berkolaborasi dengan perusahaan lokal Lilly Architects untuk konsep utamanya, di samping merancang pameran. Soal audio dan multimedia dipercayakan pada Plains of Younder.

"Saya senang beberapa koleksi yang telah saya kumpulkan sejak bertahun-tahun akhirnya menemukan sebuah rumah dan ikut melibatkan karya dari (musisi) Woody Guthrie. Bagi saya ini sangat berarti dan sebuah penghormatan besar," kata Dylan.

Konsepnya dibuat sangat fleksibel menggunakan bangunan baru. Area utama diisi dengan kursi dan tentunya meja untuk penyambutan. Dinding dibuat berwarna-warni perpaduan antara biru dan ungu untuk menghiasi dinding venue.

Bagian langit-langit ruangan disematkan beberapa pilar untuk menciptakan suasana paviliun dalam ruangan. Nuansa remang-remang akan memberikan kesan ruangan berwarna gelap dan dinding yang hitam.

"Ini adalah proyek yang sangat berarti bagi kami. Tidak hanya mendukung dari segi arsitektural untuk transformasi warisan dan kreativitas dari karya Bob, serta kedisiplinan, tetapi ikut melestarikan nilai baik dari warisan untuk generasi mendatang," kata Tom Kundig, pimpinan sekaligus pemilik Olson Kundig yang bekerja sama dengan Alan Maskin untuk proyek ini.

The Bob Dylan Center akan menampilkan ribuan koleksi yang memuat perjalanan karier Dylan termasuk catatan pribadi, foto-foto, video, serta instrumen musik. Beberapa benda khusus ikut ditampilkan dalam tempat berbahan kaca.

Pada 2013, GKFF telah mengamankan situs untuk bangunan Martin Luther King Boulevard di Tulsa, tepat di bagian tenggara Woody Gauthrie Center, yang didedikasikan khusus untuk Guthrie yang banyak mempengaruhi Bob Dylan dalam berkarya.

GKFF sebelumnya membantu mengumpulkan dana untuk Woody Guthrie Center dan organisasi yang membantu program amal untuk anak-anak dengan edukasi, kesehatan, sosial dan komunitas.

Rencananya proyek ini diharapkan mulai dikerjakan pada 2019 dan dapat dibuka pada 2021.

 


(ELG)