Mengenang Jasa Pahlawan lewat 10 Lagu Wajib Nasional

Cecylia Rura    •    10 November 2017 13:29 WIB
lagu nasional
Mengenang Jasa Pahlawan lewat 10 Lagu Wajib Nasional
Diorama W.R Soepratman memperdengarkan lagu Indonesia Raya (Foto: Antara/Widodo S Jusuf)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tepat pada 10 November, Indonesia merayakan hari Pahlawan untuk mengenang jasa-jasa mereka. Sebagai bagian dari anak bangsa, tentu wajib hukumnya mengetahui daftar lagu nasional populer yang kerap kali didengungkan untuk mengenang jasa pahlawan.

Berikut ini sepuluh daftar lagu wajib nasional untuk mengenang jasa pahlawan.

1. Padamu Negeri

Lagu Padamu Negeri merupakan ciptaan musisi R. Kusbini yang dikenal sebagai tokoh musik keroncong di era 1930-1955.

Lagu Padamu Negeri ini sempat menuai kontroversi ketika Kusbini digugat oleh J. Semadi pada 1978. Kusbini dituduh membajak lagu yang disinyalir merupakan ciptaan J. Semadi. Persoalan ini sempat rumit dan dibawa ke meja hijau, namun akhirnya dimenangkan oleh Kusbini.




2. Rayuan Pulau Kelapa

Lagu nasional Rayuan Pulau Kelapa diciptakan oleh Ismail Marzuki. Bertemakan keindahan alam Indonesia mulai dari flora, kepulauan, dan keindahan pantainya.




3. Gugur Bunga

Lagu Gugur Bunga ditulis Ismail Marzuki pada 1945. Lagu ini ditujukan untuk menghormati tentara Indonesia yang gugur selama masa Revolusi Nasional.




4. Garuda Pancasila

Garuda Pancasila yang juga dikenal sebagai Mars Pancasila merupakan lagu yang ditulis oleh Sudharnoto. Lagu ini mengisahkan kesetiaan rakyat Indonesia kepada Pancasila sebagai satu-satunya ideologi Bangsa Indonesia.




5. Berkibarlah Benderaku

Berkibarlah Benderaku ditulis oleh Saridjah Niung atau populer dikenal dengan nama Ibu Soed. Lagu ini bercerita tentang Agresi Militer Belanda I di tahun 1947.




6. Tanah Airku

Lagu Tanah Airku diciptakan oleh Ibu Soed. Tergambar dari judul, lagu ini menceritakan tentang keindahan alam Indonesia. Pertama kali dinyanyikan oleh Rita Effendy.




7. Indonesia Raya

Indonesia Raya merupakan lagu kebangsaan yang pertama kali diperkenalkan oleh komposer Wage Rudolf Soepratman pada 28 Oktober 1928. Saat itu sedang berlangsung Kongres Pemuda II di Batavia.




8. Syukur

Lagu Syukur diciptakan oleh Husein Mutahar. Diperkenalkan pada Januari 1945.




9. Indonesia Pusaka

Indonesia Pusaka merupakan lagu yang dibuat oleh Ismail Marzuki. Meski biasanya dimainkan saat merayakan Kemerdekaan Indonesia.




10. Bangun Pemudi Pemuda

Bangun Pemudi Pemuda merupakan lagu nasional ciptaan Alfred Simanjuntak. Tak hanya saat perayaan Kemerdekaan, lagu ini juga dikumandangkan saat Sumpah Pemuda.




 


(ELG)

Danilla, Bayangan atas Sakratulmaut dan Merayakan Kegamangan Hidup

Danilla, Bayangan atas Sakratulmaut dan Merayakan Kegamangan Hidup

1 day Ago

Danilla merengkuh segala yang bisa dilakukan oleh seorang penyanyi pendatang baru. Mulai dari m…

BERITA LAINNYA