Persiapan Endank Soekamti Jelang Rekaman di Atas Perairan Papua

Elang Riki Yanuar    •    20 Mei 2017 08:00 WIB
endank soekamti
Persiapan Endank Soekamti Jelang Rekaman di Atas Perairan Papua
Endank Soekamti (Foto: dok. pribadi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Endank Soekamti bersiap menggarap album kedelapannya. Berbeda dari album sebelumnya, materi album terbaru band asal Yogyakarta ini akan direkam di luar ruangan. 

Proses rekaman akan direkam di atas kapal pinisi yang mengarungi perairan Papua Barat selama 30 hari. Perjalanan yang direncanakan dimulai dari Sorong dan berakhir di Manokwari itu akan diisi pula dengan kegiatan saling berbagi dan mengajar anak-anak di pesisir pantai Papua Barat.

Salah satu persiapan akhir yang dilakukan adalah simulasi rekaman studio luar ruangan di halaman depan sebuah wisma di kawasan Kaliurang. Simulasi ini adalah bentuk keseriusan Endank Soekamti untuk mengoptimalkan segala sesuatunya agar semuanya dapat berjalan lancar dan minim kendala. 
 
"Secara teori, kita bisa membacanya dari sumber mana pun, tapi di luar sana kita tak tahu kejutan apa yang akan terjadi. Untuk itu kita harus mempraktikkan sendiri supaya bisa mengerti apa kendala sebenarnya di lapangan," jelas Erix Soekamti dalam keterangan tertulisnya. .



Kesempatan ini digunakan juga untuk lebih membiasakan diri dengan perangkat rekaman yang beberapa di antaranya baru saja diperbarukan teknologinya. Misalnya peralatan yang akan digunakan Dory Soekamti.
 
"Fasilitas rekaman kita sekarang ada alat baru, yaitu fractal yang mampu mengimitasi sound gitar semirip mungkin. Ini berguna untuk mengurangi bagasi karena tak perlu lagi membawa amplifier," papar Dory.

Simulasi yang berjalan selama empat jam tersebut berjalan lancar. Semua peralatan yang digunakan untuk simulasi langsung disimpan dan dikemas, siap untuk dibawa ke Papua.
 


Selain yang berkaitan dengan produksi rekaman outdoor, persiapan-persiapan lain untuk kegiatan mengajar dan berbagai dengan anak-anak di Papua juga telah disiapkan, antara lain buku-buku dan permainan anak-anak.

"Semoga Soekamti Goes to Papua ini berjalan baik, lancar, dan melahirkan hasil yang sangat memuaskan," tutup Endank Soekamti. 


(ELG)

Adrian Yunan Merajut Asa

Adrian Yunan Merajut Asa

5 days Ago

Sore itu Adrian membagikan kisah lewat lagu yang terangkum dalam album debutnya, Sintas.

BERITA LAINNYA