Gantikan Ahmad Dhani di Panggung Konser, Dul Menangis

Purba Wirastama    •    03 Februari 2019 16:21 WIB
dewa 19
Gantikan Ahmad Dhani di Panggung Konser, Dul Menangis
Momen saat Dul menangis menggantikan sang ayah, Ahmad Dhani yang sedang ditahan (Foto: @duljaelani)

Selangor: Dul Jaelani menggantikan posisi Ahmad Dhani ayahnya sebagai kibordis dalam konser reuni Dewa 19 di Stadium Malawati Shah Alam Malaysia Sabtu kemarin. Saat mereka membawakan lagu Hadapi Dengan Senyuman bersama Ari Lasso, Dul tak kuasa menahan tangis.

Dhani, yang kini sedang mengajukan banding ke pengadilan tinggi, telah menjadi terpidana kasus ujaran kebencian dan divonis 1,5 tahun penjara awal pekan lalu. Alhasil, dia batal memenuhi agenda konsernya di Malaysia pada Sabtu, 2 Februari 2019 dan digantikan oleh Dul anaknya yang juga musisi.

Dalam konser itu, Dewa 19 memberikan penghormatan bagi Dhani ketika membawakan Hadapi Dengan Senyuman, lagu dari album Laskar Cinta (2014) yang diciptakan oleh Dhani. Sejumlah foto Dhani ditampilkan di layar panggung.

Cuplikan momen tersebut direkam dari kamera ponsel Ari Lasso, yang kemudian dibagikan lewat postingan Instagram. Tampak Dul menangis dan didampingi oleh gitaris Andra Ramadhan.

"Dul," ucap Ari mempersilakan Dul memainkan sesi piano lagu tersebut, yang kemudian disambut riuh penonton.

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menyatakan Dhani bersalah dan telah melakukan tindak ujaran kebencian lewat tiga kicauan akun Twitter pada Februari-Maret 2017. Dhani divonis bui 1,5 tahun, tetapi telah mengajukan banding ke pengadilan tinggi.

Majelis hakim menilai Dhani melanggar Pasal 45A Ayat 2 juncto Pasal 28 Ayat 2 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik juncto Pasal 55 ayat 1 KUHP.
 


(FIR)