Lyodra Margaretha, Gadis Asal Medan Menang Festival Menyanyi Solo di Italia

Putri Rosmala    •    14 Mei 2017 12:22 WIB
musik
Lyodra Margaretha, Gadis Asal Medan Menang Festival Menyanyi Solo di Italia
(Foto: Twitter)

Metrotvnews.com, Jakarta: Rasa tidak percaya hingga saat ini masih dirasakan Lyodra Margaretha Ginting atas kemenangannya dalam festival menyanyi solo, Sanremo Junior, di Italia. Gadis berusia 13 tahun tersebut sukses meraih juara pertama salah satu ajang lomba menyanyi paling terbesar di Italia tersebut.

Lyodra mengalahkan 23 peserta lain yang berasal dari 18 negara di berbagai benua seperti Eropa, Amerika, dan Asia. Ia juga mendapatkan penghargaan istimewa dari komite Sanremo Junior dengan gelar Prix of Sanremo Junior's Committee.

"Sebenarnya aku masih tidak percaya karena sejak awal ikut memang tidak ada target juara satu," ujar remaja asal Medan tersebut, dalam jumpa pers di studio Erwin Gutawa, Antasari, Jakarta, Jumat (12/5).

Lyodra mengatakan awal terpilih untuk mewakili Indonesia dalam ajang tersebut saja sudah merupakan kebanggaan. Merebut juara dianggapnya sebagai bonus hasil kerja kerasnya bersama tim yang telah fokus berlatih sejak beberapa bulan sebelumnya.

Sejak tiba di Italia untuk mengikuti festival yang berlangsung pada 1 hingga 7 Mei tersebut, ia mengaku terus merasa grogi. Beberapa saat sebelun tampil, ia mengaku sempat lupa lirik lagu berjudul Dear Dream ciptaan Erwin Gutawa dan Gita Gutawa dengan lirik berbahasa Inggris gubahan Ria Leimena.

"Akhirnya mencoba untuk tenang dan semuanya berjalan dengan lancar. Aku berusaha semampunya aku, apa pun hasilnya kita serahkan ke Tuhan saat itu," ujar Lyodra.

Lyodra mengatakan menjadi sebuah kebanggaan tak terhingga baginya bisa membawa harum nama Indonesia di luar negeri. Ia berharap kebangaan yang sama dapat dirasakan seluruh masyarakat Indonesia, khususnya tim dan orang sekitar yang selalu mendukungnya.

"Saya bangga sekali bisa pulang dengan menbawa kabar gembira ini ke Indonesia," tutur Lyodra.

Belajar mandiri

Berkesempatan mengikuti ajang internasional dikayakan Lyodra memberikan banyak pengalaman dalam hidupnya. Salah satunya ialah dalam berinteraksi dengan banyak orang baru dari berbagai latar belakang dan berusaha mandiri ketika untuk pertama kalinya pergi ke tempat yang sangat jauh tanpa kedua orangtuanya.

"Aku sempat bingung dan takut karena orangtua tidak bisa ikut. Namun, akhirnya aku beranikan diri," ujar Lyodra.

Gadis yang memulai karier bermusik lewat program Di Atas Rata-Rata garapan Erwin Gutawa dan Gita Gutawa tersebut pergi didampingi tim yang terdiri atas seorang teknisi dan Gita Gutawa sebagai pelatih. Ia mengatakan berharap dapat terus melebarkan karier dan prestasinya dalam industri musik Indonesia dan internasional.

"Aku mau terus bisa berkarya dan mengharumkan nama bangsa. Aku bakal terus usaha dan belajar lagi," tutup remaja yang menahan diri menyantap cokelat dan es krim favoritnya demi menjaga kualitas suara itu.


(DEV)