Rayakan Seperempat Abad, NTRL RIlis Album

Agustinus Shindu Alpito    •    25 Mei 2018 21:46 WIB
album barumusik indonesia
Rayakan Seperempat Abad, NTRL RIlis Album
NTRL (Foto: Robbie Suharlim)

Jakarta: Trio rock NTRL kembali merilis album. Kali ini bertajuk XXV, sesuai judulnya, album ini untuk merayakan usia 25 tahun mereka.

Total 25 lagu terdapat dalam album ini, dengan komposisi 7 lagu baru plus 19 lagu aransemen ulang. Seluruh materi album direkam di Studio Shoemaker yang terletak di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, dengan metode rekaman semi-live.

“Banyak yang kami ubah,” kata Eno soal aransemen ulang lagu-lagu lama NTRL.

“Kami pengin nunjukin ke fans baru, ada yang baru tahu NTRL dari lagu Terbang Tenggelam (album Putih, 2005), sementara dari album-album sebelumnya belum tahu,” lanjut sang drummer menjelaskan keputusan mereka merekam ulang materi lawas.

Saat ini NTRL dalam formasi yang solid dan konsisten dalam 12 tahun terakhir, yaitu Bagus Dhanar Dhana sebagai vokalis dan bassist, Eno Gitara Ryanto sebagai drummer dan Christopher Bollemeyer sebagai gitaris.

Meski merekam ulang materi lama, NTRL tidak ingin terbebani aransemen asli beberapa lagu yang dibawakan oleh personel terdahulu, almarhum gitaris Miten dan drummer Bimo.

“Gue enggak mau Eno dan Coki bermain mengikuti gaya personel sebelumnya. Gue beri kebebasan buat mereka (bermusik) dengan gaya sendiri, bermain sesuka hati. Itu yang membuat mereka nyaman. Tiga sosok yang sekarang kuat banget karakternya. Mungkin karena (formasi) yang dulu terlalu pendek periodenya, cuma (menghasilkan) tiga album,” kata Bagus bersemangat.

NTRL telah merilis satu singel berjudul Zero Toleransi. Lagu itu disebut-sebut hanya memakan waktu 15 menit dalam proses penulisan.

Album XXV diedarkan secara independen lewat label NTRL Records. Selain format CD reguler dan digital, terdapat juga album XXV versi boxset. Sejak terbentuk pada November 1991, NTRL telah merilis 13 album.

 




(ASA)

Tashoora, Invasi Berbahaya Sekstet dari Yogyakarta

Tashoora, Invasi Berbahaya Sekstet dari Yogyakarta

13 hours Ago

Dalam musik yang energik sekaligus kontemplatif yang diramu Tashoora, terlantun lirik-lirik pui…

BERITA LAINNYA