Hari Kemerdekaan, Shaggydog Rilis Album Putra Nusantara

Agustinus Shindu Alpito    •    17 Agustus 2016 15:16 WIB
shaggydog
Hari Kemerdekaan, Shaggydog Rilis Album Putra Nusantara
(Foto: Instagram Shaggydog)

Metrotvnews.com, Jakarta: Grup musik asal Yogyakarta, Shaggydog, merilis album baru bertajuk Putra Nusantara, bertepatan dengan perayaan kemerdekaan Indonesia ke-71, pada Rabu (17/8/2016).

Saat dihubungi Metrotvnews.com, Heru sang vokalis memaparkan alasan memilih nama Putra Nusantara sebagai judul album.

"Putra Nusantara itu sebenarnya lagu lama, sudah pernah kami rilis dalam album kompilasi di majalah Hai, tahun 2006 kalau tidak salah. Lalu kami rekam ulang. Lagu itu kami ciptakan untuk mengingat pentingnya pendidikan untuk anak-anak Indonesia. Yang terjadi selama ini pendidikan belum merata di semua pelosok. Manurut kami pendidikan itu fondasi dari segalanya."

"Kalau secara kata, catchy. Kedua, ada beberapa lagu yang bertema sosial. Ada lagu tentang perselisihan agama, lalu ada tentang rakyat biasa yang cuma bisa jadi penonton gejolak politik," terang Heru.

Putra Nusantara berisi 12 lagu. Mulai hari ini album itu dirilis secara digital, meyusul kemudian versi rilisan fisik.

Shaggydog mencoba untuk memaksimalkan kualitas rekaman album ini. Mereka melakukan proses mastering di studio Abbey Road, Inggris.

"Kami ingin menjajal bagaimana magic-nya Abbey Road. Kita tahu musisi besar dunia membuat album di sana. Kebetulan yang megang kami itu Andy Walter, dia yang mastering album Coldplay, The Cure, U2."

"Musik-musik yang dimainkan Shaggydog itu dari sana, dari Barat. Ska, reggae, jazz, itu dari sana. Secara lirik kami Indonesia banget tetapi dari musik ada percampuran dari Barat. Sound engineer yang kami pilih sudah fasih dengan gaya musik Barat, dia berpengalaman, juga hardware yang ada di Abbey Road mumpuni."

Putra Nusantara merupakan allbum studio ke-enam dari Shaggydog. Selain meyorot tema sosial, album ini bermuatan materi tentang cinta dan persahabatan.

Dari segi visual, Putra Nusantara cukup eksentrik dengan menampilkan gambar skesta sosok pria flamboyan bernama Santo Brengos, atau akrab disapa para personel Shaggydog sebagai Pakde Santo. Adalah seniman Agan Harahap yang membuat sketsa Pakde Santo untuk sampul album Putra Nusantara.

"Pakde Santo itu bapaknya Richard, dia sudah seperti Pakde-nya anak-anak. Beliau memiliki personallity yang unik. Dia suka blues dan mantan petinju. Secara visual juga keren, eksentriknya dapat. Agan juga setuju menggambarkan kembali dengan teknik sketsa."

Pada Maret lalu, Shaggydog mendapat kesempatan datang dalam festival musik dan kultur pop, South by Southwest (SXSW). Terpilihnya Shaggydog dalam ajang itu tidak lepas dari aktivitas mereka yang terbilang positif, salah satunya menggalakan kampanye mencintai dan menyelematkan hewan.


(DEV)