Komposer Cilik Unjuk Gigi di Asia-Pacific Junior Original Concert

Elang Riki Yanuar    •    26 November 2016 21:35 WIB
konser
Komposer Cilik Unjuk Gigi di Asia-Pacific Junior Original Concert
Para pengisi Asia-Pacific Junior Original Concert 2016 (Foto: Metrotvnews/Elang)

Metrotvnewsc.com, Jakarta: Indonesia kembali ditunjuk sebagai tuan rumah Asia-Pacific Junior Original Concert 2016. Konser yang menghadirkan bakat-bakat muda di bidang musik ini akan digelar pada 27 November 2016 di Ciputra Artpreneur Theater. 

Para komposer cilik yang akan tampil merupakan para siswa yang menempuh pendidikan di Sekolah Musik Yamaha. Selain dari Indonesia, mereka datang dari berbagai negara seperti Malaysia, Taiwan, Australia, Hongkong, Korea, Thailand, Singapura, Tiongkok hingga Meksiko. 

Butuh seleksi panjang bagi anak-anak ini hingga bisa tampil di Junior Original Concert di tingkat internasional. Selain mahir bermain piano, mereka dituntut ahli berimprovisasi hingga menciptakan komposisi sendiri. 

"Kita punya murid-murid bertalenta. Kami mempersiapkannya selama satu tahun,Akan ada juga sesi improvisasi, mereka membuat lagu dari request pendengar. Sebelumnya mereka dilatih lewat sebuah konser-konser mini yang diadakan di sekolah," kata Shinji Matsuda dari Yamaha Music Foundation Jepang saat ditemui di Kuningan, Jakarta, Sabtu (26/11/2016).

Ke-13 penampil itu di antaranya,  Daniel Yuen dari Australia, Yongxiang Jin dari Tiongkok, Tam Tsz Lsm dari Hong Kong, Garam Kwon dari Korea, Raphael Tang dari Malaysia, Luis Eduardo Landeros dari Mexico, Han Qui Qi dari Singapore, Chen Yun dari Taiwan, Vorapol dari Thailand, serta dari Indonesia yakni Nathania Jane, Stanley Gavino, Rio Manuel, dan Vania Celestina. 13 komposer cilik ini akan menampilkan komposisi sendiri yang menggambarkan diri mereka. 

"Komposisi saya nanti tentang perjalanan ke luar angkasa lalu bertemu alien," kata Raphael dari Malaysia yang langsung mengundang tawa orang-orang yang hadir. 

"Kalau biasanya saya berlatih 3-4 jam di rumah, untuk tampil di sini saya berlatih bisa hingga 7 jam," Yongxiang Jin yang masih berusia 8 tahun.

Asia-Pacific Junior Original Concert sudah dimulai sejak 1991. Salah satu musisi yang pernah mengikuti ajajng seperti ini ketika masih anak-anak ialah Isyana Sarasvati.


(ELG)