Album Sides, Wujud Kedewasaan Afgan

Agustinus Shindu Alpito    •    31 Agustus 2016 19:52 WIB
afgan
Album Sides, Wujud Kedewasaan Afgan
Sampul album Afgan (Foto: Dok. Yondermusic)

Metrotvnews.com, Jakarta: Delapan tahun berkarier di industri musik dan masih tetap eksis. Setidaknya itulah yang tepat menggambarkan sosok Afgan.

Menjaga karier di jagat hiburan yang terus menghadirkan pembaharuan tentu bukan hal mudah. Kini, Afgan memastikan bahwa kariernya terus berkembang dan berani keluar dari zona nyaman. Hal itu terwujud lewat album terbaru Afgan, Sides.

Sides resmi dirilis pada Rabu (31/8/2016). Album berisi 13 lagu itu wujud eksplorasi Afgan plus ambisinya yang tinggi. Bagaimana tidak, Afgan menggandeng langsung produser idolanya, Mark Hill. Sebelumnya nama Mark Hill dikenal lewat perannya memproduseri album Craig David.

"Semuanya berjalan mengalir saja. Tiba-tiba datang Mark Hill, Trinity (perusahaan rekaman tempat Afgan bernaung) menghubungi dia. Saya nge-fans dengan Mark Hill, saya dengerin Craig David dari kecil. kami kirim demo ke Mark Hill dan dia suka," jelas Afgan, dalam jumpa pers di kawasan SCBD, Jakarta, pada Rabu (31/8/2016).

Selain menggandeng Mark Hill, Afgan juga menggandeng sejumlah kolaborator, antara lain Raisa, Rayi "RAN," Yura, dan penyanyi rap asal Malaysia, Sonaone.

Afgan juga membawakan tiga lagu ciptaan dari sejumlah penulis lagu ternama Indonesia.

"Rian D'Masiv kasih lagu, Alam Urbach juga, kasih lagu ballad tapi modern. Terakhir Badai eks Kerispatih, kasih lagu akustik, sangat simpel dan mewakili yang gue mau bawain di lagu ini. Semua mengalir begitu saja," imbuh Afgan.

Sides secara garis besar terbagi dalam dua sisi, yaitu sisi "black" (enam lagu pertama dalam album), kemudian sisi "white" (tujuh lagu tersisa).

Afgan menegaskan bahwa sisi "black" yang dimuat dalam album ini adalah wujud karakter musik yang sesuai dengan karakternya.

"Ada banyak sisi dari gue yang belum dieksplor sebelumnya. Pencarian materi albumnya beda. Sides pertama itu lebih urban. Sides pertama itu black music, musik yang dari kecil saya dengarkan. Sides selanjutnya lagu yang powerful, yang lebih grande," tukas Afgan.

 


(ELG)