Simfoni Negeriku

Pelangi Karismakristi    •    17 Agustus 2016 17:27 WIB
galeriindonesiakaya
Simfoni Negeriku
Addie MS bersama Widi Rama, Daniel Kristanto, dan Yovie Widianto (Foto:Dok.IDEnesia)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak cara untuk merayakan kemerdekaan Republik Indonesia. Salah satunya seperti yang dilakukan komposer ternama Addie MS.

Suami penyanyi Memes itu baru saja menggelar konser Simfoni Negeriku dengan menggandeng harpanis Widi Rama dan penyanyi seriosa Daniel Kristanto. Pagelaran musik yang dilaksanakan pada 13 Agustus 2016, itu menyajikan lagu nasional serta elaborasi tembang daerah yang telah diaransemen.

Addie MS mengaku, idenya ini datang dari Negeri Paman Sam, yaitu saat perayaan Indpendence Day atau yang dikenal dengan 4th of July Culture, baik di Boston maupun New York dan lainnya, menggelar konser terbuka untuk memperingatinya.

"Nah, aku ingin kita bisa merasakan gemuruhnya perjuangan saat itu, sampai kita bisa menikmati kemerdekaan yang sekarang ini dengan musik," ucap Addie MS, kepada Yovie Widianto, di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta Pusat.

Lebih dari itu, ayah Kevin Aprilio ini juga sebelumnya pernah membuat rekaman album serupa pada 1997. Di dalam album tersebut berisi lagu Indonesia Raya dan lagu perjuangan lainnya yang dikemas menjadi simfoni dengan paduan suara.

"Jadi sekarang kalau bulan Agustus biasanya di mal-mal ada lagu 17 Agustus dengan paduan suara dan orkestra, itu bisa dipastikan 99 persen dari sini," kata Addie sambil memperlihatkan sampul albumnya.

Pada saat yang sama, Addie juga menjelaskan mengapa dirinya memutuskan mengajak Widi Rama dan Daniel dalam konser tersebut. Hal ini karena keduanya memiliki bakat dan potensi yang menurutnya, tidak biasa.

"Widi Rama itu satu-satunya pemain harpa pria yang ada di Indonesia dan dengan level yang menurut aku sih, enggak main-main. Luar biasa. Daniel, aku kenal dia waktu lagi di Twilight Course. Kemudian, lama-lama saya lihat kayaknya ada sesuatu nih orang. Dia punya suara bariton," ucap Addie.

Widi Rama dan Daniel sama-sama bangga bisa bergabung dalam proyek tersebut. Daniel, misalnya. Dengan ikut andil dalam pertunjukan tersebut, dirinya membawa misi sendiri, antara lain mengenalkan musik seriosa kepada masyarakat luas.

"Apalagi saya kan penyanyi klasik seriosa, jadi saya ingin mengembangkan musik seriosa itu. Selain itu, juga memperkenalkan masyarakat supaya mereka tahu apa sih musik seriosa itu, apa sih musik klasik itu. Jadi, mereka tertarik mau belajar dan mengembangkan juga," kata Daniel.

Perbincangan Yovie Widianto bersama Addie MS, Widi Rama, dan Daniel Kristanto dapat Anda saksikan selengkapnya di program IDEnesia yang tayang di Metro TV pada Kamis (18/8/2016), pukul 22.30 WIB.

Jangan lupa, ikuti kuis IDEnesia dan Galeri Indonesia Kaya dengan mengikuti akun Twitter @IDEnesiaTwit atau @IndonesiaKaya.


(ROS)