Earth, Wind & Fire Rancang Lagu September Sebagai Penyemangat

Agustinus Shindu Alpito    •    20 September 2016 14:07 WIB
musik
Earth, Wind & Fire Rancang Lagu September Sebagai Penyemangat
Earth, Wind & Fire (Foto: earthwindfire.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Lagu memang bisa membawa suasana hati tertentu bagi pendengarnya. Tak jarang para musisi sengaja membuat lagu dengan irama yang cepat karena dianggap mampu menularkan semangat bagi pendengarnya.

Allee Willis, Maurice White dan Al McKay dari grup musik Earth, Wind & Fire, mengaku bahwa lagu September yang mereka tulis bertujuan untuk membuat pendengarnya bahagia. Mereka menggambarkan lagu September sebagai “musik gembira.”

"Jadi, September, itu sangat fantastis dan menegangkan, mereka (personel lain Earth, Wind & Fire) sudah memainkan intro lagu ketika saya melangkah masuk ke studio untuk bertemu mereka semua. Ketika saya membuka pintu studio, saya mendengar sedikit intro gitar, saya berpikir, Ya Tuhan, semoga musik itu yang akan mereka kerjakan bersama saya. Karena (saya pikir) itu akan jadi hit. Saya adalah salah satu orang yang sangat mencintai menulis lagu gembira," kata Willis dalam wawancara dengan SongFacts.com.

Baca: Di Balik Lagu September Ceria

"Dari semua lagu yang saya pernah tulis, lagu September yang membuat orang saat menyadari saya yang menulis lagu itu, lalu mereka bilang, ‘Ya, Tuhan.’ Kemudian mereka berkata pada saya bahwa lagu itu membuat mereka merasa gembira," lanjutnya.

September adalah lagu pertama yang ditulis Willis bersama Earth, Wind & Fire. Dari segi lirik, Willis menjelaskan bahwa lagu September banyak terinspirasi dari filosofi Timur. Lirik lagu September tidak seperti lirik lagu musik soul pada waktu itu.

"Saat saya meninggalkan studio di hari pertama, Maurice memberi saya buku berjudul The Greatest Salesman In The World, dan dia membawa saya ke Bodhi Tree, sebuah toko buku spiritual di Los Angeles. Saya dapat banyak buku yang disebut penjaga toko buku sebagai buku-buku filsafat. Dari pengalaman sederhana itu, bagi saya itu membawa pada pengalaman yang lebih kompleks, karena saya mendalami buku-buku itu," ujarnya.

Kemudian Willis meresapi makna dari buku-buku yang dibaca, hingga berujung pada proses kreatif penulisan lirik.

Maurice White mengatakan bahwa dirinya mendapat inspirasi musik untuk lagu September dari pengalaman yang tak terduga saat di sebuah kamar hotel di Washington DC. Di luar hotel sedang terjadi kerusuhan, Maurice mendengar berbagai kejadian itu dari kamar hotel.

"Saya mendengar teriakan dan mereka saling melempar benda dan (keadaan) sangat kacau, kemudian suasana itu berevolusi menjadi nada (yang menginspirasi lagu September),” ujar Maurice.

September dirilis pada 18 November 1978. Lagu itu langsung melejit menuju puncak tangga lagu R&B di Amerika Serikat, berada di posisi 8 dalam Billboard Hot 100, dan posisi ke-tiga di tangga lagu Inggris.



 


(ELG)

Senandung Senja Yon Koeswoyo

Senandung Senja Yon Koeswoyo

1 month Ago

Tubuh pria tua itu hanya bersandar di sebuah sofa berwarna cokelat. Seorang kawan di dekatnya m…

BERITA LAINNYA